Perjalanan Karier Tata Janeeta sebelum Dewi Dewi

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Senin, 31 Agu 2020 19:47 WIB
Tata Janeeta saat berkunjung ke kantor detikcom.
Tata Janeeta. Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta -

Tata Janeeta saat ini dikenal sebagai salah satu penyanyi solo yang merupakan mantan personel Dewi Dewi dan Mahadewi. Namun jauh sebelum itu, dirinya telah lebih dulu makan asam garam kehidupan ketika merintis karier.

Dalam sesi wawancara dengan detikcom, baru-baru ini, perempuan kelahiran 18 September 1982 itu berkisah, dirinya memulai karier bernyanyinya sejak berusia 18 tahun.

Kala itu, dia baru saja lulus dari SMA. Kondisi ekonomi keluarganya saat itu yang membuatnya berani memutuskan mengambil jalan hidup sebagai penyanyi ketimbang harus berkuliah.

"SMA melihat keadaan orang tua saya yang nggak begitu cukup, ada yang nawarin nyanyi, aku akhirnya milih nggak kuliah, aku langsung pergi keluar kota," cerita Tata.

Kota pertama yang menjadi destinasinya adalah Pekanbaru. Di sana, ia bernyanyi selama tiga bulan, lalu berpindah kota lagi untuk tiga bulan berikutnya.

Masih hangat dalam ingatan Tata Janeeta, gaji pertamanya kala itu adalah sebesar Rp 1,5 Juta. "Aku kirimkan ke Mama satu juta, 500 (ribu) aku kasihin lagi ke Mama buat bayar hutang. Utangnya itu dulu buat beli baju ke Pekanbaru," ujarnya.

Dengan uang hasil kerjanya, Tata menabung sedikit demi sedikit hingga akhirnya bisa pergi ke Jakarta. Di Ibukota, dirinya bekerja sebagai penyanyi kafe.

Dirinya sempat mendaftarkan diri ke salah satu ajang pencarian bakat. Hanya saja saat itu Tata Janeeta belum berhasil untuk masuk sebagai finalis.

Tata Janeeta saat berkunjung ke kantor detikcom.Tata Janeeta saat berkunjung ke kantor detikcom. Foto: Asep Syaifullah/detikHOT

Suatu hari, ketika bernyanyi di salah satu kafe, Tata Janeeta bertemu dengan orang kepercayaan Ahmad Dhani. Dia diberitahu akan ada sebuah audisi yang diadakan oleh pentolan grup Dewa 19 itu.

Tanpa ekspektasi tinggi, Tata Janeeta pun datang dan mengikuti audisi. Tanpa disangka, audisi itu yang akhirnya mengubah hidupnya.

"Terbentuklah Dewi Dewi, dari situ alhamdulillah hidupnya mulai stabil. 2012 saya coba solo karier," ungkap dia.

Baginya, perjalanan kariernya yang berliku dan tidak mudah adalah hal yang patut disyukuri. Sebab untuk berada di posisi dirinya kini, ia melaluinya dengan kerja keras.

Tata Janeeta pun merasa gembira karena hingga kini dirinya masih dapat bertahan dan berkarya di industri musik Tanah Air.

"Pokoknya itulah perjalanan, alhamdulillah Allah kasih saya jalan walaupun untuk tetap di sini itu kan nggak gampang karena aku kan memang benar-benar nyanyi ya, dari bakat yang aku punya," ujarnya.

Baru-baru ini, Tata Janeeta mengeluarkan single terbaru berjudul Cinta Sebodoh Ini. Lagu itu dia garap bersama Ade Govinda.



Simak Video "Selamat! Tata Janeeta Melahirkan Anak Pertama"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/aay)