Main Stage

Loyalis Bakal Jadi Penutup dari Album Trilogi The Changcuters

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Selasa, 11 Agu 2020 11:45 WIB
The Changcuters
The Changcuters. Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta -

Cari Rasa yang baru saja dirilis The Changcuters merupakan single dari album baru mereka yang berjudul Loyalis. Album itu rencananya akan mereka keluarkan di tahun ini.

Selain menjadi album keenam bagi The Changcuters, Loyalis juga merupakan penutup dari trilogi yang mereka garap.

Sebelumnya, band beranggotakan Tria (vokal), Qibil (gitar), Alda (gitar), Dipa (bas) dan Erick (drum) itu telah mengeluarkan dua album dalam trilogi tersebut, yakni Visualis (2013) dan Binauralis (2016).

"Kalau konsepnya sebenarnya ini adalah album terakhir dari trilogi yang kami bikin sebelumnya. Mungkin kalau film, tamatnya tuh ada di sini, ada di Loyalis ini," ujar Tria dalam wawancara dengan detikcom, baru-baru ini.

Dia menambahkan,"Kalau yang ngikutin (album trilogi) dari Visualis dan Binauralis, pasti mau nunggu yang Loyalis."

Menurut para personel The Changcuters, secara garis besar, Loyalis bercerita mengenai perasaan yang dirasakan oleh manusia. Apabila Visualis bercerita mengenai hal-hal yang berkaitan dengan penglihatan dan Binauralis tentang pendengaran, Loyalis lebih kepada hati.

"Kan trilogi ini menggambarkan tentang jiwa The Changcuters tuh. Seperti Visualis mulai dari penglihatan, Binauralis tentang pendengaran, Loyalis lebih ke hati. Makanya dipilih single Cari Rasa," terang Alda.

Penggarapan album The Changcuters sebenarnya telah rampung sejak 2019. Di 2020, mereka telah berencana untuk mengeluarkan beberapa single dan kemudian album baru.

Sayangnya rencana tersebut harus mengalami beberapa perubahan akibat adanya pandemi virus Corona di Indonesia.

"Sebenernya udah beres sejak sebelum masuk ke 2020. Memang 2020 ini kami inginnya mau ngerilis album kami, tapi dengan format kayak ngerilis satu single dulu, baru di-ending-in dengan album. Tapi karena keadaannya kayak gini, kami akan ubah format. Tapi harus tetap tahun ini (rilis)," urai Tria.

The Changcuter saat rilis album di Cikini.The Changcuters. Foto: Noel/detikHOT

Ada selang waktu kurang lebih empat tahun sejak Binauralis (2016) dirilis. Menurut para personel The Changcuters, meski butuh waktu lama untuk menyelesaikan albumnya, namun sebenarnya tidak ada kesulitan yang berarti dalam proses penggarapan materi untuk album Loyalis tersebut.

"Sebenernya itu karena kami kalau workshop bulan ini, dua bulan atau bulan depannya baru bikin materi baru lagi, jadi rentang waktunya jauh-jauhan. Itu kenapa rentangnya jauh. Kalau disingkat, disatuin sih nggak lama, cuman rentang waktunya jauh-jauhan aja," jelas Tria.

"Memang kemarin jadwal manggungnya alhamdulillah lumayan padat jadi memakan waktu untuk menyelesaikan albumnya, biar materinya lebih matang, agak-agak bongkar pasang dikit," sambung Dipa.



Simak Video "The Changcuters 'Cari Rasa' di Akhir Album Triloginya"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)