detikHot

Main Stage

Tidak Sukses dengan Konsep Baru, Kuburan Bangkit Lagi

Rabu, 20 Nov 2019 13:51 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Kuburan Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta - Kuburan menjadi grup musik yang popular di era 2009 berkat lagu 'Lupa Lupa Ingat'. Di puncak karier mereka, pada 2011, mereka justru mengumumkan bubar.

Kini mereka kembali dengan lagu berjudul 'Saredona'. Hal itu membuat banyak pihak mengira mereka reunian seperti halnya sejumlah band yang terkenal di awal 2000-an.

Rupanya hal tersebut dibantah oleh para personel Kuburan. Mereka mengatakan, Kuburan sebenarnya tidak pernah benar-benar bubar sehingga mereka tidak reunian.



Hal yang terjadi sebenarnya adalah mereka mengumumkan bubar untuk kemudian mengganti nama band dengan konsep yang berbeda.

"Sebenernya itu gimmick, jadi pas 10 tahun Kuburan di musik, kami merasa kita sudah 10 tahun, tapi sebetulnya untuk nasional itu kami baru dua tahun. Akhirnya sekalian kita ubah nama, ubah dandanan, sekalian ubah nama jadi The Kubs," tutur gitaris Raka pada detikHOT.

"Tapi sebetulnya itu konsep, tapi mungkin tidak sampai (ke penggemar mereka) dan kami juga tidak maksimal, keadaannya juga sedang tidak memadai untuk kami begitu," sambung Raka.




Dengan nama The Kubs, Kuburan yang biasanya tampil serba hitam, berubah menjadi lebih berwarna. Tidak banyak yang tahu, dengan nama baru, mereka bahkan sempat mengeluarkan album dan merilis sejumlah karya.

"Padahal kami sebenarnya tetap produksi sih, dari 2009 sampai 2019 ini, sebenarnya tiap tahun kami ada produksi," jelas pemain bas, Denny.

Setelah mencoba mengganti konsep dan tidak terserap dengan baik oleh pendengar mereka, akhirnya para personel memutuskan kembali dengan format Kuburan Band.


Simak Video "Kuburan Muncul Lagi! Kini Rilis Single Terinspirasi dari Angkot"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com