DetikHot

Main Stage

Sering Ribut, Navicula Bertahan 23 Tahun

Rabu, 10 Apr 2019 18:23 WIB  ·   Hanif Hawari - detikHOT
Sering Ribut, Navicula Bertahan 23 Tahun Navicula. Foto: Ari Saputra/detikFoto
Jakarta - Navicula telah terbentuk pada 1996 di Bali. Saat itu para personelnya tengah duduk di bangku SMA. Robi bercerita bahwa nama Navicula muncul saat ia tengah berada dalam kelas biologi.

Nama tersebut berasal dari nama sejenis ganggang emas bersel satu. Pada perkembangannya, para personelnya menemukan bahwa Navicula juga berarti kapal kecil dalam bahasa Latin.

Meski kerap terjadi perbedaan pendapat ketika tengah menggarap musik, Robi mengatakan, komitmen yang ia pegang bersama teman-teman satu bandnya telah membuat Navicula berumur panjang.

"Dari awal sih, karena kami suka musik. Komitmen dari awal ya karena kami cinta bermusik aja. Simple aja, kenapa kita melakukan ini, ya karena kami cinta musik," ujar Robi dalam wawancara bersama detikHOT.



"Cekcok (dalam proses kreatif) mah biasalah, demokrasi. Kalau nggak cekcok bukan demokrasi dong," imbuhnya sambil tertawa.

Selain itu, Robi juga menganalogikan membuat band layaknya membina keluarga. Setiap orang memiliki alasan untuk mempertahankan keluarganya, itulah yang menurutnya terjadi di Navicula.

"Bikin sebuah band sama saja kaya bikin keluarga, pasti ada opini, ada sharing, ada saja semua. Kenapa kami mempertahankan keluarga, ya balik lagi ke kami. Memang kami cinta musik, karena itu passion-nya kami," kata Robi.

Seperti namanya, Robi berharap, apapun yang terjadi, Navicula tetap bisa menjadi kapal yang selalu berlayar.

"Kami hanya mau keep band ini biar tetap terus ada dan cara yang paling gampang kita lakukan, ya jangan bubar. Ini Navicula sebagai sebuah kapal, tetap mengarungi lautan," ungkapnya.


(srs/nu2)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed