Lee Seung Gi Disebut Tak Dapat Bayaran Selama 18 Tahun Bermusik

ADVERTISEMENT

Lee Seung Gi Disebut Tak Dapat Bayaran Selama 18 Tahun Bermusik

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Senin, 21 Nov 2022 13:40 WIB
Lee Seung Gi di Drama Korea The Law Cafe
Foto: Dok. KBS
Jakarta -

Manajemen Lee Seung Gi, Hook Entertainment, beberapa waktu lalu digeledah oleh pihak kepolisian atas dugaan penggelapan dan penipuan. Tak lama setelahnya, sang aktor meminta transparansi bayaran selama 18 tahun kariernya bersama manajemen.

Lee Seung Gi tak hanya dikenal sebagai aktor yang sukses. Selama berkarier, ia juga kerap merilis sejumlah lagu yang populer sehingga dikenal sebagai artis multitalenta.

Namun diungkap oleh Dispatch, Lee Seung Gi disebut sama sekali tidak mendapatkan bayaran sepeser pun untuk kariernya di dunia musik. Hal itu diketahui saat sang aktor mendapatkan pesan salah kirim pada 2021 mengenai detail keuntungan yang didapat dari lagu-lagu hitsnya.

Selama ini, Lee Seung Gi merasa dirinya adalah 'musisi minus' yang diartikan sebagai musisi yang rugi dan tidak sukses. Namun saat curhat pada seorang senior mengenai pesan tersebut, ia tersadar honornya sebagai musisi sangat besar dan selama ini tidak pernah ia terima dari manajemen.

Berdasarkan dokumen yang berhasil didapatkan oleh Dispatch, Lee Seung Gi seharusnya untung sebesar KRW 63 juta (Rp 740 juta) untuk penjualan digital lagu The Ordinary Man, hingga penjualan album ketujuh bertajuk The Project yang terhitung sebesar KRW 170 juta (Rp 1,9 miliar).

Diketahui sepanjang karier bermusiknya, Lee Seung Gi telah merilis sebanyak 137 lagu. Sehingga diprediksi, Lee Seung Gi seharusnya mendapatkan keuntungan lebih dari KRW 10 miliar (Rp 115 miliar).

Bicara soal kontrak, Lee Seung Gi pertama kali menandatangani kontrak dengan Hook Entertainment pada 2004, dan keduanya sepakat membagi keuntungan 4:6 dengan 40 persen untuk Lee Seung Gi dan 60 persen untuk Hook Entertainment.

Kesepakatan terus berubah hingga pada 2017, Lee Seung Gi mendapatkan 70 persen keuntungan dan 30 persen untuk manajemen. Walaupun begitu, Hook Entertainment meminta sang artis untuk bertanggung jawab pada biaya agen dan biaya lain yang seharusnya ditangani agensi.

Hal ini membuat Lee Seung Gi tidak mendapatkan keuntungan apa pun karena seluruh biaya produksi ditanggung oleh artis. Biasanya, artis sekelas Lee Seung Gi menerima pembagian 8:2 dan biayanya juga dibagi di angka yang sama. Pada akhirnya, manajemen menawarkan pembagian 7:3 dengan kondisi manajemen yang menutup biaya produksi.

Mengenai pengungkapan Dispatch, baik Lee Seung Gi maupun Hook Entertainment masih belum angkat bicara.



Simak Video "Lee Seung Gi Putus Kontrak dengan Agensi Hook Entertainment"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT