ADVERTISEMENT

Banjiha, Rumah ala Film Parasite yang Paling Terdampak Banjir Korea

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Jumat, 12 Agu 2022 13:30 WIB
parasite
Foto: dok parasite
Jakarta -

Masih ingat film Parasite? Dalam film peraih Oscar tersebut, keluarga Kim diceritakan tinggal di sebuah ruang semi bawah tanah berukuran kecil atau yang disebut dengan Banjiha.

Ki Jeong (Park So Dam) dan Ki Woo (Choi Woo Shik) sampai harus berebut ruang sempit di kamar mandi agar bisa mendapatkan sinyal internet. Mereka berbagi ruang sempit tersebut dengan kedua orang tuanya.

Sejak Parasite mencuri perhatian dunia pada 2019, Banjiha menjadi sorotan dunia. Di tengah gemerlap gedung-gedung tinggi dan gaya hidup Korea Selatan, sekelompok orang memilih tinggal di ruangan kecil dan hidup pas-pasan.

Seperti salah satu penghuninya, Song Sung Geun (82), saat diwawancara The Asahi Shimbun beberapa waktu lalu, mengungkapkan betapa tersiksanya harus hidup di Banjiha. Namun ia seperti tak punya pilihan lain karena biaya tempat tinggal yang mahal di Seoul.

Banjir Korea Selatan: Setidaknya delapan orang meninggal, tiga tenggelam di apartemen semi-rubanahBanjir Korea Selatan: Setidaknya delapan orang meninggal, tiga tenggelam di apartemen semi-rubanah Foto: BBC World

"Udaranya lembab. Aku tidak suka tinggal di sini. Tapi aku juga tidak bisa membayar tempat tinggal lebih mahal," ungkapnya.

Selain udara lembab, Banjiha juga rentan banjir karena posisinya yang bersebelahan dengan drainase. Sehingga ketika Seoul dilanda banjir besar di awal pekan, pemerintah memutuskan untuk tidak mengeluarkan izin pembangunan rumah dengan konstruksi semi basement.

Pejabat pemerintah berencana untuk berkonsultasi dengan pemerintah untuk melakukan revisi terkait undang-undang pembangunan tempat tinggal. Mereka juga berencana mengubah apartemen yang sudah ada saat ini.

Walikota Seoul Oh See Hoon mengungkapkan jika hunian bawah tanah dan semi bawah tanah ini akan mengancam keamanan dan keselamatan masyarakat. Diketahui, dua perempuan berusia 40 tahun dan anak berusia 13 tahun ditemukan meninggal dunia di Banjiha yang terendam banjir. Mereka disebut telah mencari bantuan, namun tim penyelamat tak bisa menjangkau rumah mereka.

Sementara itu, berdasarkan data statistik yang dirilis pada 2015, Korea Selatan mencatat sekitar 360 ribu keluarga tinggal di Banjiha. Sebanyak 220 ribu di antaranya tinggal di Banjiha yang terletak di Seoul.



Simak Video "Viral Wartawan Yonhap Terjebak Banjir di Seoul"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT