ADVERTISEMENT

aespa Jadi Girlband K-Pop dengan Penjualan Album Tertinggi Lewat Girls

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Kamis, 11 Agu 2022 13:48 WIB
Jakarta -

aespa kembali mencetak rekor baru dalam kariernya. Kali ini, rekor tersebut diraih lewat album terbaru, Girls.

Circle Chart belum lama ini merilis data berupa jumlah penjualan album di Korea Selatan hingga Juli 2022. Album Girls yang dirilis oleh aespa pada 8 Juli 2022 menjadikan mereka sebagai girlband dengan penjualan album tertinggi dalam.

Terhitung dalam sepekan, aespa sudah menjual sebanyak 1.126.000 unit album. Dan kini, penjualan album aespa mencapai angka 1.645.255 unit.

Sebelumnya, rekor girlband dengan angka penjualan tertinggi dipegang oleh BLACKPINK. Kala itu, mereka berhasil mencetak rekor lewat penjualan album perdana, THE ALBUM yang terjual 1,5 juta unit.

Ini bukan satu-satunya prestasi yang diraih oleh aespa setelah merilis album Girls. Album tersebut juga berhasil menduduki peringkat 3 Billboard 200 dan Artist 100. Selain itu, mereka juga berhasil menempati peringkat pertama Top Album Sales hingga World Album di Billboard.

aespa juga masuk daftar 30 Under 30 Asia yang dirilis oleh Forbes. Setiap tahunnya, mereka memilih 30 orang pemimpin muda, inovator, dan pengusaha di Asia dalam berbagai kategori, termasuk hiburan dan olahraga.

aespa masuk daftar tersebut bersama aktris Jung Ho Yeon. Forbes mendeskripsikan kesuksesan aespa dalam menyebarkan pengaruh di dunia musik. Mereka menyebut aespa adalah salah satu grup paling hot di Korea Selatan saat ini.

"Debut dengan Black Mamba pada 2020, grup dengan empat orang member tersebut langsung menjadi salah satu grup paling populer di K-Pop. Lagu terpopuler aespa adalah Next Level yang dirilis pada 2021 dengan lebih dari 215 juta penonton di YouTube," tulis Forbes.

"Mereka juga memenangkan piala Artist of the Year di 2022 Golden Disc Awards, Best New Female Artist di 2021 Mnet Asian Music Awards, dan Best Korean Act di 2021 MTV Europe Music Awards. aespa juga menjadi brand ambassador untuk Givency tahun lalu," lanjutnya.

Hingga kini, diketahui sudah ada 4 grup asal Korea Selatan yang berhasil memasuki daftar 30 Under 30 Forbes. BTS menjadi grup K-Pop pertama yang memasuki daftar pada 2018, diikuti BLACKPINK pada 2019, TWICE pada 2020, dan aespa pada 2022.

(dal/tia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT