ADVERTISEMENT

Kim Garam eks LE SSERAFIM Rilis Pernyataan, Klarifikasi Isu Bullying

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Kamis, 11 Agu 2022 11:43 WIB
Jakarta -

Kim Garam debut dengan LE SSERAFIM pada Mei 2022. Namun karena tudingan bullying, Garam pun hengkang dari manajemen dan grup.

Kini, Kim Garam secara personal merilis pernyataan ke publik. Ia mengklarifikasi segala tudingan yang dilayangkan kepadanya.

Kim Garam membantah telah melakukan kekerasan pada siapa pun. Ia juga mengklaim tidak pernah melakukan perundungan atau mengucilkan siapa pun.

"Pertama-tama, aku ingin minta maaf. Walaupun ini sudah terlalu terlambat, aku tidak punya kesempatan untuk merilis pernyataan," ungkap Kim Garam yang dirilis secara personal.

"Benar bahwa aku takut mimpi yang selama ini kukejar dengan keras akan berakhir karena masa laluku. Namun setelah hari-hari berlalu, aku semakin takut dengan kritik yang dilayangkan kepadaku. Dan jika kalian memberi kesempatan, aku ingin menceritakan permasalahan ini dari sudut pandangku," jelasnya.

Kim Garam memberikan lima poin berupa bantahan atas segala tudingan yang dilayangkan kepadanya. Poin pertama, Kim Garam membantah telah melakukan kekerasan. Kedua, ia tak pernah dipaksa pindah sekolah. Poin ketiga, ia tak pernah merokok atau mengonsumsi alkohol. Keempat, ia tak pernah mengucilkan atau merundung siapa pun. Dan kelima, ia menegaskan hanya seorang murid biasa.

"Tentang permasalahan komite kekerasan sekolah, pada Maret hingga Mei saat masih jadi siswi SMP, semua terjadi setelah Yoo Eun Seo bicara tentang teman-temanku di belakang mereka dan mengunggah foto dengan temanku lain yang hanya mengenakan pakaian dalam," jelas Kim Ga Ram.

"Aku bicara pada Yoo Eun Seo karena ingin membantu temanku dan akhirnya bicara buruk kepadanya. Saat itu karena tak tahu perbedaan antara mayoritas dan minoritas, aku tak menganggap tindakanku salah saat menghadapi Yoo Eun Soo," lanjutnya.

Lebih lanjut, Kim Garam menegaskan semua yang ia lakukan hanya untuk membela temannya yang dirundung. Ke depannya, ia berjanji akan bekerja lebih keras untuk masa depannya.

Tak lama setelah Kim Garam merilis pernyataan secara personal, pihak HYBE pun dimintai keterangan. Namun, mereka menolak untuk berkomentar karena sudah bukan manajemen Kim Garam.

"Kami telah mengakhiri kontrak eksklusif dengan Kim Garam. Kami tidak bisa berkomentar apa pun karena bukan menjadi ranah kami," pungkasnya.

(dal/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT