K-Talk: Film Broker adalah Sebuah Perjalanan Emosional

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Kamis, 23 Jun 2022 16:10 WIB
Jakarta -

Hirokazu Kore-eda selalu memberikan kejutan di tengah sebuah gambaran sederhana. Hasil akhirnya, para penonton dibuat keluar dari bioskop dengan mata sembab.

Hal yang sama terjadi pada film Broker. Dibintangi oleh aktor-aktor Korea papan atas, perpaduan cerita dan akting yang mumpuni membuat film ini layak menjadi tontonan wajib.

Broker merupakan film Korea pertama yang disutradarai Kore-eda. Kisahnya berpusat pada sebuah 'kotak bayi' yang disediakan oleh sebuah gereja.

Kotak tersebut disiapkan secara khusus untuk orang-orang yang tak bisa bisa mengurus anak-anaknya. Mereka bisa menyerahkan bayi tersebut dengan meletakkannya di dalam 'kotak bayi' tanpa diketahui identitasnya.

Lee Ji Eun atau IU berperan sebagai So Young, seorang ibu yang menaruh bayinya di 'kotak bayi' tersebut. Dong Soo (Kang Dong Won) yang bekerja sebagai freelance di gereja segera menerima bayi itu sementara Sang Hyeon (Song Kang Ho) memintanya untuk menghapus video yang menunjukkan kedatangan bayi tersebut.

So Young pun pada akhirnya memutuskan untuk kembali ke gereja untuk mengambil bayinya, dan akhirnya diketahui bahwa Sang Hyeon dan Dong Soo adalah broker yang menjual bayi secara ilegal. Setelahnya, So Young, Dong Soo, dan Sang Hyeon (ditemani oleh Hae Jin yang ikut secara ilegal) melakukan perjalanan untuk menemui sejumlah pembeli bayi, diikuti oleh Soo Jin (Bae Doona) dan detektif Lee (Lee Joo Young), dua orang polisi yang menginvestigasi perdagangan bayi tersebut.

Mungkin sekilas Broker terdengar seperti film kriminal biasa tentang mengejar dan menangkap. Namun bukan Kore-eda namanya jika tidak bisa membuat film dengan ide sederhana berubah menjadi sebuah karya yang penuh dengan pelajaran hidup. Karena Broker merupakan sebuah perjalanan emosional yang sangat berharga.

Simak obrolan lengkapnya di K-Talk!

(dal/pus)