Album Proof BTS Debut di Puncak Chart Billboard Hot 200

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Senin, 20 Jun 2022 09:25 WIB
BTS
Foto: Konsep foto BTS untuk album Proof (dok. Big Hit Music)
Jakarta -

BTS kembali meraih pencapaian global setelah merilis album Proof. Album berkonsep antologi itu dirilis pada 10 Juni 2022.

Pada 19 Juni 2022 waktu setempat, Billboard secara resmi mengumumkan album Proof milik BTS debut di posisi pertama chart Billboard Hot 200. Chart tersebut merupakan ranking mingguan album terpopuler di Amerika Serikat.

Proof juga menjadi album dengan penjualan tertinggi di pekan pertama yang berhasil diraih oleh sebuah grup sepanjang 2022. Album ini juga menjadi album dengan penjualan tertinggi dalam sepekan kedua setelah album Harry Styles, Harry House.

Berdasarkan data dari Luminate, Proof berhasil terjual 314 ribu unit album di pekan pertama perilisan. Total penjualan terdiri dari 266 ribu unit penjualan album fisik, 12 ribu penjualan album secara digital, dan 36 ribu streaming yang juga berarti 52,84 juta kali diputar di radio.

Tak hanya itu, Proof adalah album keenam milik BTS yang berhasil memuncaki chart Billboard Hot 200. Mereka juga menjadi satu-satunya grup asal Korea Selatan yang berhasil meraih prestasi tersebut.

BTS pertama kali merajai chart Billboard Hot 200 melalui Love Yourself: Tear, diikuti oleh Love Yourself: Answer, Map of the Soul: Persona, Map of the Soul: 7, dan BE. Termasuk Proof, sejauh ini hanya ada 15 album tak berbahasa Inggris yang berhasil merajai chart Billboard 200 sepanjang sejarah. Artinya, BTS mengisi 6 dari 15 album tersebut.

Selamat, BTS!

Sementara itu, BTS belum lama ini mengumumkan untuk menjalani hiatus. Saat ini, mereka akan memfokuskan diri pada proyek individu, namun menegaskan tetap tidak akan meninggalkan proyek secara grup.

Jungkook adalah member pertama yang mengumumkan proyek individunya berupa kolaborasi dengan Charlie Puth. Mereka akan merilis lagu berjudul Left and Right pada 24 Juni 2022.

Selain itu, J-Hope dikabarkan juga berencana merilis album solo pada Juli 2022, namun masih belum ada kepastian soal kabar ini. Yang pasti, ia akan tampil memenuhi undangan di festival musik Lollapalooza yang digelar pada 31 Juli 2022. J-Hope didapuk menjadi salah satu headliner bersama Green Day.



Simak Video "'Proof' Jadi Bukti Cinta BTS untuk ARMY"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/pus)