Pernyataan Resmi HYBE soal Keputusan BTS untuk Hiatus

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Rabu, 15 Jun 2022 08:07 WIB
Jakarta -

Dalam puncak peringatan 9 tahun debut, BTS merilis sebuah video yang menyatakan mereka akan hiatus untuk sementara waktu sebagai grup. HYBE pun merilis pernyataan resmi mengenai hal tersebut.

Dikutip dari AP News, pihak HYBE membantah sebutan hiatus yang mengacu pada terjemahan di video tersebut. Jika diterjemahkan dalam sebutan lain, kata hiatus yang diucapkan para member dalam bahasa Korea bisa diterjemahkan sebagai off season atau off period atau dalam bahasa Indonesia berarti masa istirahat.

Sehingga, HYBE menegaskan para member BTS tak akan sepenuhnya hiatus. Mereka hanya lebih memfokuskan diri pada proyek solo, namun tetap berencana menjalankan proyek sebagai grup.

"BTS tidak hiatus. Para member akan lebih memfokuskan diri pada proyek solo saat ini," tegasnya.

Sebelumnya, dalam video yang dirilis oleh BTS sebelumnya, keputusan mereka untuk lebih memfokuskan diri pada proyek solo adalah karena masing-masing member ingin mencari jati diri. Mereka ingin melakukan apa yang selama ini ingin mereka lakukan di luar proyek bersama BTS.

"Aku selalu merasa BTS berbeda dari grup lain, tapi masalah dari industri K-Pop dan segala sistem peridolan adalah mereka tidak memberimu waktu untuk berkembang," ujar RM.

"Kau harus terus memproduksi musik dan terus melakukan sesuatu," lanjutnya.

Namun V menegaskan, mendengar saran dari J-Hope, bahwa mereka akan kembali bersama suatu hari nanti. Dan ketika para member bergabung lagi sebagai BTS, mereka akan menunjukkan sinergi yang luar biasa.

"J-Hope bicara seperti ini padaku. Kita bisa fokus pada proyek solo masing-masing saat ini, dan nantinya, saat kita kembali berkumpul menjadi grup, sinergi kita akan sangat luar biasa. Kita akan menjadi lebih baik dari sebelumnya," ujar V.

Sementara itu, proyek solo BTS akan dimulai dari J-Hope. Telah dikonfirmasi sebelumnya, ia akan tampil sebagai headliner di Festival Musik Lollapalooza 2022 pada 31 Juli 2022.

(dal/pus)