ADVERTISEMENT

K-Talk: Berkaca Lewat Drakor My Liberation Notes

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Kamis, 02 Jun 2022 16:10 WIB
Jakarta -

My Liberation Notes merupakan salah satu drama Korea yang paling mencuri perhatian. Drama ini mengangkat kisah tiga bersaudara yang sangat relatable dengan kehidupan kita.

Lee Min Ki memerankan sosok Chang Hee anak tengah dari tiga bersaudara. Dia harus putus dari pacarnya gegara rumahnya terlampau jauh di pedesaan, sementara dia tinggal di Seoul. Mimpinya paling dekat adalah punya mobil, tapi tidak direstui sang ayah.

Mi Jeong (diperankan Kim Ji Won) adalah si bungsu dari tiga bersaudara ini. Sosok introvert yang lebih suka menyendiri dan kerap kali canggung dalam situasi sosial. Suatu hari Mi Jeong mendengarkan teman sekantornya bergosip tentang dirinya dan membuat Mi Jeong merasa tak nyaman dan tertekan.

Di sisi lain, Gi Jeong (diperankan Lee El), merupakan anak sulung yang pemarah. Dia yang paling bawel dan suka mengeluh, terutama kalau sudah bertemu teman-teman dekat dan minum alkohol. Dari tiga bersaudara, ia adalah yang paling kerap protes soal tempat tinggal dan juga nasib percintaannya.

Tiga kakak-beradik dan juga permasalahan mereka masing-masing membuat para penonton bisa berkaca dengan kehidupan mereka. Rasa-rasanya, My Liberation Notes bukanlah drama Korea tetapi sebuah dokumenter.

Drama Korea ini hadir bukan dengan kisah yang extravaganza. Bukan pula drama-drama khas Korea dengan intrik atau kisah penuh fantasi.

My Liberation Notes hanya sebuah drama Korea sederhana yang bicara soal kehidupan, keinginan, dan impian-impian yang belum tercapai. Walaupun memiliki alur yang lambat, namun alur drama ini justru membuat para penonton mengenal para karakter dengan baik. Ditambah dengan naskah yang luar biasa, yang bukannya membuat kita dibuat bosan, justru semakin ingin tahu dengan kelanjutan dari kisah-kisah para karakter.

Drama ini juga tidak punya banyak adegan menonjol. Kita hanya diperlihatkan adegan sederhana, seperti minum-minuman beralkohol sambil ngobrol, pertengkaran mulut antara keluarga, hingga perjalanan jauh yang harus ditempuh oleh ketiga bersaudara hanya untuk bekerja.

My Liberation Notes membuat para penonton berkaca, bukan hanya lewat adegan-adegan yang disaksikan dengan mata, tetapi juga monolog-monolog yang membuat para penonton ikut berpikir. Intinya, drama Korea ini adalah potret jujur dari kehidupan orang dewasa kebanyakan yang ingin mencari kebahagiaan sederhana.

Nah, seperti apa ulasannya? Simak obrolan tim K-Talk sama-sama, yuk!

(dal/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT