ADVERTISEMENT

7 Grup K-Pop yang Kontraknya Berakhir di 2022, iKON hingga TWICE

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Rabu, 11 Mei 2022 16:10 WIB
TWICE
TWICE. Foto: (dok. ist)
Jakarta -

Berdasarkan regulasi Fair Trade Commission Korea Selatan, sebuah agensi hiburan diizinkan memberikan kontrak untuk artisnya maksimal selama 7 tahun. Setelahnya, jika ada persetujuan dari kedua belah pihak, kontrak bisa dilanjutkan kembali.

Di tahun 2022, sejumlah idola K-Pop yang debut di tahun 2015 akan menghadapi pembaharuan kontrak. Ada yang sudah memutuskan, namun beberapa lainnya masih memilih untuk menunda.

Berikut 7 grup K-Pop yang kontraknya berakhir di 2022:

1. DIA

DIADIA Foto: (dok. ist)

DIA memulai debutnya pada 14 September 2015 di bawah naungan MBK Entertainment. DIA telah melalui beberapa perubahan line-up dan saat ini memiliki tujuh anggota.

Masa depan girlband ini pun terlihat tidak pasti lantaran comeback mereka terakhir pada Mei 2020 tanpa Chaeyeon dan Somyi. Selain itu, agensi tampaknya mendorong karier akting Chaeyeon.

Sehingga, beredar rumor yang menyebut DIA akan dibubarkan. Namun hingga kini, pihak manajemen masih belum membuka suara.

2. UP10TION

UP10TIONUP10TION Foto: UP10TION (dok. Top Media)

UP10TION memulai debutnya di bawah TOP Media pada 10 September 2015. Pada tahun 2019, Lee Jinhyuk dan Kim Wooseok berkompetisi di Produce X 101 sebagai peserta. Keduanya menjadi trainee populer dan saat final Kim Wooseok berhasil masuk dalam line-up X1.

Hal ini membantu UP10TION mendapatkan perhatian netizen. Namun, Jinhyuk dan Wooseok tidak pernah kembali ke UP10TION dan debut sebagai solois. Hingga kini, status kontrak UP10TION masih belum diputuskan, apalagi salah satu membernya, Jinhoo, masih menjalani wajib militer.

3. Oh My Girl

Oh My GirlOh My Girl Foto: Oh My Girl/Instagram

Oh My Girl memulai debutnya pada 21 April 2015 dengan delapan member. Namun, JinE memutuskan hengkang dari grup dan manajemen pada 2017 karena masalah kesehatan.

Enam member Oh My Girl, Hyojung, Mimi, YooA, Seunghee, Yubin, dan Arin belum lama ini memutuskan memperpanjang kontrak dengan WM Entertainment. Sementara Jiho memutuskan hengkang dari grup dan manajemen sehingga Oh My Girl akan berkarier sebagai grup dengan enam orang member setelah memperbaharui kontrak di 2022.

4. MONSTA X

MONSTA XMONSTA X Foto: (dok. ist)

MONSTA X memulai debutnya di bawah Starship Entertainment pada 14 Mei 2015, setelah dibentuk di acara survival No.Mercy. Belum lama ini, manajemen mengungkap status dari kontrak para member yang berakhir di 2022.

Dalam pernyataannya, Starship Entertainment menegaskan masih menjalani diskusi dengan Minhyuk, Joohoney, dan I.M soal kontrak. Sementara Shownu, Kihyun, dan Hyungwon memutuskan memperpanjang kontrak dengan manajemen.

5. iKON

iKONiKON Foto: (dok. YG Entertainment)

iKON memulai debutnya sebagai grup dengan tujuh member pada 15 September 2015, tapi saat ini hanya memiliki enam member setelah B.I hengkang dari grup. Beberapa waktu lalu, Bobby mengumumkan pernikahan dan telah menjadi ayah dari seorang anak.

Karena berita besar yang cukup menghebohkan ini, banyak yang meragukan masa depan iKON. Sampai saat ini, pihak YG Entertainment masih belum bicara apa pun soal kelanjutan kontrak iKON.

6. TWICE

Jadwal Tur Dunia TWICEJadwal Tur Dunia TWICE Foto: dok. JYP Entertainment

TWICE memulai debutnya pada 10 Oktober 2015. Saat ini, mereka masih terus aktif sebagai grup dan pihak JYP Entertainment masih belum berbicara apa pun soal status kontrak mereka.

Saat ini, diketahui TWICE masih disibukkan dengan tur konser dunia TWICE 4TH WORLD TOUR III ENCORE. Tiket konser di Stadion Banc of California, Los Angeles terjual habis dalam waktu kurang dari satu jam.

7. DAY6

Jae DAY6Jae DAY6 Foto: dok. Instagram Jae/Istimewa

DAY6 memulai debutnya di bawah JYP Entertainment pada 7 September 2015. Mereka debut sebagai band dengan 6 orang member, namun kini aktif sebagai grup dengan 4 orang member setelah Jae dan Junhyeok mundur.

Saat ini, Sungjin, Young K, Wonpil, dan Dowoon tengah menjalani wajib militer. Sehingga, pihak JYP Entertainment masih belum angkat bicara soal status kontrak para member DAY6.



Simak Video "Alasan Jiho Putuskan Hengkang dari OH MY GIRL"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT