iKON hingga Twice, 8 Grup K-Pop yang Kontraknya Berakhir di 2022

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Rabu, 29 Des 2021 15:27 WIB
iKON
Foto: (dok. ist)
Jakarta -

Tahun depan, ada banyak grup K-pop yang akan menghadapi 'kutukan tujuh tahun'. Istilah tersebut digunakan oleh para penggemar K-pop bagi para grup yang kontraknya dengan agensi akan berakhir di tahun ke-7.

Para grup tersebut pun biasanya akan berdiskusi dengan manajemennya untuk memutuskan akan memperpanjang kontrak atau tidak. Banyak grup yang tidak bisa melewati kutukan tujuh tahun ini dan akhirnya memilih bubar, seperti Lovelyz, Sistar, dan lainnya.

Berikut sederet grup K-pop yang masa kontraknya akan berakhir pada 2022. Yuk, simak ulasannya!

1. DIA

DIADIA Foto: (dok. ist)

DIA memulai debutnya pada 14 September 2015, di bawah naungan MBK Entertainment. DIA telah melalui beberapa perubahan line-up dan saat ini memiliki tujuh anggota.

Masa depan girlband ini pun terlihat tidak pasti lantaran comeback mereka terakhir pada Mei 2020 tanpa Chaeyeon dan Somyi. Selain itu, agensi tampaknya mendorong karier akting Chaeyeon yang membuat para netizen memprediksi DIA akan bubar tahun depan.

2. UP10TION

UP10TIONUP10TION Foto: UP10TION (dok. Top Media)

UP10TION memulai debutnya di bawah TOP Media pada 10 September 2015. Pada tahun 2019, Lee Jinhyuk dan Kim Wooseok berkompetisi di Produce X 101 sebagai peserta. Keduanya menjadi trainee populer dan saat final Kim Wooseok berhasil masuk dalam line-up X1.

Hal ini membantu UP10TION mendapatkan perhatian netizen. Jinhyuk dan Wooseok tidak pernah kembali ke UP10TION dan debut sebagai solois. UP10TION sendiri dijadwalkan akan merilis mini album kesepuluh mereka Novella pada 3 Januari 2022.

Namun, setelah itu, banyak yang tidak yakin apakah grup tersebut akan bubar atau tetap bersama.

3. APRIL

APRILAPRIL Foto: (dok. ist)

APRIL memulai debutnya pada 24 Agustus 2015, di bawah DSP Entertainment. Grup ini belum terlihat merilis album terbaru sejak Juli 2020 karena masalah skandal bullying kepada mantan membernya, Hyunjoo. Karena skandal mereka, banyak yang percaya APRIL kemungkinan besar akan bubar pada 2022.

4. Oh My Girl

Oh My GirlOh My Girl Foto: Oh My Girl (Dok. Instagram)

Oh My Girl memulai debutnya pada 21 April 2015, dengan delapan member, tapi kini hanya menyisakan tujuh member. Meskipun kontrak mereka berakhir pada 2022, lima anggota telah memperbarui kontrak mereka dengan WM Entertainment pada Oktober 2021.

Saat ini, hanya Jiho dan Mimi yang belum memperpanjang kontrak mereka dengan WM Entertainment.

5. MONSTA X

MONSTA XMONSTA X Foto: (dok. ist)

MONSTA X memulai debutnya di bawah Starship Entertainment pada 14 Mei 2015, setelah dibentuk di acara survival No.Mercy. Saat ini leader grup, Shownu tengah menjalani wajib militernya. Meskipun begitu, banyak penggemar yang berharap MONSTA X akan menandatangani kembali kontrak mereka dengan Starship Entertainment.

6. DAY6

DAY6DAY6 Foto: dok. DAY6 x UNDERTONES

DAY6 memulai debutnya di bawah JYP Entertainment pada 7 September 2015. Saat ini, Sungjin dan Young K sedang menjalani wajib militer mereka.

Selain itu, Jae juga menjadi viral beberapa kali setelah mengungkapkan perasaan negatifnya terhadap gaya hidup idola dan bagaimana perusahaan memperlakukannya. Oleh karena itu, tidak pasti apakah semua anggota DAY6 akan memperbarui kontrak mereka.

7. iKON

iKONiKON Foto: (dok. YG Entertainment)

iKON memulai debutnya sebagai grup dengan tujuh member pada 15 September 2015, tapi saat ini hanya memiliki enam member setelah B.I hengkang dari grup. Saat ini, Bobby telah mengumumkan akan segera menikah dengan tunangannya dan telah menjadi ayah dari seorang anak.

Karena berita besar yang cukup menghebohkan ini, banyak yang meragukan masa depan iKON.

8. TWICE

Jadwal Tur Dunia TWICEJadwal Tur Dunia TWICE Foto: dok. JYP Entertainment

TWICE memulai debutnya pada 10 Oktober 2015. Meskipun tampaknya TWICE tidak akan bubar, banyak penggemar yang khawatir Mina dan Jeongyeon akan memilih untuk tidak memperpanjang kontrak mereka.

Ini karena keduanya secara terbuka berjuang dengan kesehatan mental mereka selama kegiatan TWICE. Selain itu, beberapa juga bertanya-tanya apakah Tzuyu akan kembali ke Taiwan setelah kontraknya berakhir.



Simak Video "Alasan Jiho Putuskan Hengkang dari OH MY GIRL"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)