5 Fakta Kasus Han Seo Hee yang Maki Hakim usai Dituntut Setahun Penjara

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Kamis, 18 Nov 2021 19:09 WIB
Jakarta -

Han Seo Hee didakwa atas penggunaan metamfetamin saat masa hukuman percobaan kasus narkoba yang menjeratnya. Dia dijatuhi hukuman enam bulan penjara dan ditahan oleh pengadilan karena dinilai berisiko untuk melarikan diri.

Saat dijatuhi hukuman tersebut, dia berteriak dan melontarkan kata-kata makian kepada hakim yang menjatuhkan hukuman padanya. Sikapnya saat dipersidangan tersebut pun menjadi bahan perbincangan para netizen.

Berikut sederet kronologi seputar kasus narkoba yang melibatkan Han Seo Hee. Yuk, simak!

1. Dijatuhi Hukuman atas Penyalahgunaan Narkoba Pada 2017

Pada 2017, Han Seo Hee dijatuhi hukuman masa percobaan 4 tahun setelah dinyatakan bersalah atas penggunaan obat-obatan terlarang. Sebagai individu dalam masa percobaan penggunaan narkoba, Kementerian Kehakiman mewajibkan mereka yang dalam masa percobaan menghadiri tes narkoba wajib sebulan sekali selama masa percobaan.

2. Han Seo Hee Dilaporkan Positif Narkoba Saat Masa Percobaan

Pada Juli 2020, kantor masa percobaan di bawah Kementerian Kehakiman melakukan tes urin secara acak pada Han Seo Hee yang hasil tesnya menunjukkan positif. Han Seo Hee kemungkinan akan menghadapi tuntutan polisi untuk kali kedua penggunaan obat-obatan terlaran. Han Seo Hee akan menghadapi penyelidikan penuntutan dan dalam kasus terburuk menghadapi hukuman penjara.

3. Han Seo Hee Dibebaskan Dari Masa Tahanan

Pada Agustus 2020, hasil pemeriksaan terhadap rambut Han Seo Hee menunjukkan hasil negatif. Sebelumnya, Kantor masa percobaan mengajukan permohonan ke pengadilan untuk membatalkan hukuman percobaan Seo Hee.

Akan tetapi, pengadilan telah menolak permintaan untuk membatalkan hukuman percobaan karena sulit untuk membuktikan penggunaan narkoba dan Han Seo Hee segera dibebaskan dari tahanan.

4. Jalani Sidang Pertama atas Pelanggaran Kedua Kalinya

Pada Juni 2021, mantan trainee YG Entertainment tersebut menghadiri sidang pengadilan pertama untuk pelanggaran penggunaan narkoba ilegal keduanya. Dalam persidangan, Seo Heee menyangkal tuduhan penggunaan narkoba selama masa percobaan.

Dia mengatakan bahwa cangkir urin yang dia pakai terjatuh dan telah bercampur dengan zat lain yang membuat hasilnya menjadi positif.

5. Melontarkan Kata-Kata Makian Saat Dituntut Satu Tahun Penjara Oleh Hakim

Divisi Kriminal 1 Pengadilan Distrik Suwon Cabang Seongnam menghukum Han Seo Hee dengan hukuman satu tahun enam bulan penjara dan ditahan oleh pengadilan karena dia dinilai berisiko melarikan diri (seseorang yang kemungkinan akan melarikan diri). Menurut laporan media, Han Seo Hee berteriak dan melontarkan kata-kata makian kepada hakim ketika pengadilan menjatuhkan hukuman penjara padanya.

Tidak hanya itu, kekasih Jung Dae Eun tersebut juga membuat keributan di ruang tunggu terdakwa dan suaranya terdengar dari ruang sidang. Selain itu, dia melampiaskan kemarahannya pada staf Kementerian Kehakiman dan membuat keributan di bus penjara juga.

(dal/dal)