5 Girlband K-Pop yang Kena Kutukan 7 Tahun

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Rabu, 03 Nov 2021 19:35 WIB
Lovelyz
Foto: Lovelyz (dok. Woolim Entertainment)
Jakarta -

Kalau kamu penggemar K-pop pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah kutukan 7 tahun. Buat kamu yang belum tahu, kutukan 7 tahun merupakan istilah bagi grup K-Pop yang tidak bisa bertahan lebih dari 7 tahun karena kehilangan member atau pembaharuan kontrak.

Ada beberapa grup K-pop yang masa kontraknya hanya selama tujuh tahun dan diminta untuk memperbaharui kontrak. Akan tetapi, para girlband ini lebih memilih tidak memperpanjang kontrak dan akhirnya bubar.

Siapa saja? Yuk, simak!

1. 4Minute

4Minute4Minute Foto: Cube Entertainment.

Girlband bentukan agensi Cube Entertainment ini debut pada 2009 dengan merilis lagu bertajuk Hot Issue. 4Minute debut dengan lima member di antaranya, Jihyun, Gayoon, Jiyoon, Hyuna, dan Sohyun.

Pada 2016, 4Minute diumumkan bubar setelah kontrak mereka berakhir dan hanya Hyuna yang memperpanjang kontraknya saat itu. Sebelum mereka bubar, grup ini merilis album ketujuh bertajuk Act. 7 dengan lagu utama Hate.

2. 2NE1

f(x), Secret, BEAST, 2NE1, Rainbowf(x), Secret, BEAST, 2NE1, Rainbow Foto: Istimewa.

Grup beranggotakan CL, Dara, Bom, dan Minzy ini memulai debutnya pada 2009 di bawah naungan YG Entertainment. Saat itu, 2NE1 terakhir comeback dengan merilis full album Crush dengan lagu utama Come Back Home pada 2014.

Setelah lama hiatus, agensi mengonfirmasi bahwa Minzy keluar dari 2NE1 dan grup berlanjut menjadi trio. Akan tetapi, beberapa bulan kemudian girlband tersebut resmi bubar dan merilis lagu terakhir bertajuk Goodbye.

3. Sistar

Girlband SistarGirlband Sistar Foto: Istimewa

Sistar pertama kali debut pada Juni 2010 dengan lewat lagu bertajuk Push Push. Girlband yang dijuluki Queen of Summer ini telah merilis banyak lagu hit musim panas, seperti Touch My Body, Shake It, dan masih banyak lagi.

Sayangnya, Sistar bubar pada Mei 2017 dan lagu berjudul Lonely menjadi proyek terakhir mereka sebagai grup. Para member pun menuliskan surat perpisahan pribadi kepada penggemar.

4. Hello Venus

Hello VenusHello Venus Foto: (dok. ist)

Hello Venus awalnya debut dengan delapan member dan merilis lagu Venus pada April 2012. Kemudian pada 2014, Arad an Yoonjo hengkang dari grup dan kembali ke Pledis Entertainment untuk fokus dengan karier individunya.

Setelahnya, muncul dua member baru bernama Seoyoung dan Yeoreum dan comeback dengan lagu Sticky Sticky. Hello Venus terakhir comeback pada 2017 dengan merilis mini album berjudul Mystery of Venus dan memutuskan bubar pada Mei 2019 setelah kontrak mereka dengan agensi berakhir.

5. Lovelyz

LovelyzLovelyz Foto: dok. Woolim Entertainment

Grup yang baru saja bubar setelah tujuh tahun debut adalah Lovelyz. Mereka debut pada 2014 dengan merilis lagu Candy Jelly Love.

Lovelyz terakhir comeback dengan merilis album Unforgettable pada September 2020 lewat lagu utama Obliviate. Setelah satu tahun lebih tidak kunjung comeback, akhirnya Woolim Entertainment mengumumkan Lovelyz bubar dan hanya Baby Soul yang memperpanjang kontraknya.



Simak Video "Reuni Mengejutkan 2NE1 di Panggung Coachella"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)