5 Kolaborasi Penyanyi Korea dengan Indonesia yang Pecah Banget!

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Rabu, 03 Nov 2021 15:11 WIB
Chungha di Milan Fashion Week
Foto: Instagram/@iceberg
Jakarta -

Kepopuleran industri musik Korea memang selalu berhasil curi perhatian seluruh dunia terutama Indonesia. Popularitas para penyanyi K-Pop ini membuat para musisi Indonesia tertarik untuk mengajak kolaborasi dalam sebuah lagu.

Baru-baru ini, Sam Kim mengajak Raisa untuk berkolaborasi untuk lagu terbarunya nanti. Hal ini pun disambut antusias oleh para penggemar yang tidak sabar melihat kedua penyanyi tersebut duet bernyanyi.

Tidak hanya Sam Kim dan Raisa, ada beberapa penyanyi Indonesia dan Korea yang berkolaborasi. Siapa saja? Yuk, simak!

1. Chungha dan Rich Brian

[Gambas:Youtube]

Pada Oktober 2019, 88rising mengumumkan Rich Brian berkolaborasi dengan solois Chungha dengan merilis lagu bertajuk These Nights. MV lagu tersebut pun dirilis secara resmi pada 3 Oktober di channel YouTube resmi 88rising.

Di lagu These Nights, Rich Brian tampil beda dengan menunjukkan vokal merdunya di lagu tersebut. Tidak hanya itu, Chungha juga turut andil dalam penulisan lirik lagu.

2. Jackson Wang dan Stephanie Poetri

[Gambas:Youtube]

Jackson Wang dan Stephanie Poetri pernah berkolaborasi dengan membawakan lagu I Love You 3000 II. Lagu I Love You 3000 versi pertama dinyanyikan sendiri oleh Stephanie dengan lirik bahasa Inggris.

Selain para penggemar yang antusias dengan kolaborasi mereka, putri bungsu penyanyi Titi DJ tersebut juga sangat senang bisa berkolaborasi dengan idolanya tersebut. Lagu versi kedua ini pun mengalami sedikit perubahan lirik di kata 'husband' yang diganti menjadi 'bestfriend' agar lagunya lebih dekat dengan para pendengar.

3. Jackson Wang dan Afgan

[Gambas:Youtube]

Selain berkolaborasi dengan Stephanie, member GOT7 ini juga berkolaborasi dengan Afgan lewat lagu M.I.A. Video musik lagu tersebut pun resmi dirilis pada 20 Maret 2021 melalui YouTube channel milik Afgan dan kini telah ditonton hingga 6 juta kali.

Sebenarnya, produksi lagu M.I.A telah selesai sejak setahun lalu, tapi baru dirilis tahun ini lantaran adanya pandemic COVID-19. Afgan pun juga tampil beda dengan membawakan lagu bergenre hip hop yang belum pernah dibawakannya.

4. B.I dan Afgan

[Gambas:Youtube]

B.I sukses kejutkan penggemar dengan mengumumkan kolaborasinya dengan Afgan dan Bipolar Sunshine lewat lagu Lost At Sea. Lagu tersebut merupakan remake versi bahasa Inggris dari lagu solo milik B.I bertajuk Illa Illa.

Pelantun Terima Kasih Cinta tersebut juga mendapat pujian dari B.I karena suara indahnya menyanyikan lagu tersebut. Menariknya lagi, Afgan melakukan rap yang bagus, meski dia dikenal sebagai penyanyi bersuara lembut.

5. Sam Kim dan Raisa

RaisaRaisa Foto: dok. Lancome Indonesia

Kolaborasi yang paling terbaru adalah duet antara Sam Kim dan Raisa. Hal ini disampaikan oleh agensi Sam Kim, Antenna Music melalui akun media sosial resminya. Keduanya akan berkolaborasi dengan menyanyikan lagu berjudul Someday yang akan dirilis pada 12 November nanti.

Memiliki vokal yang sama kuat, banyak penggemar yang antusias dengan lagu duet dua penyanyi tersebut.



Simak Video "Raisa Bagikan Teaser untuk Kolaborasi Bareng Sam Kim"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)