Daisy Eks MOMOLAND Menang Gugatan, Manajemen Diminta Bayar Gaji Rp 942 Juta

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Senin, 11 Okt 2021 17:53 WIB
Daisy eks MOMOLAND
Foto: (dok. ist)
Jakarta -

Daisy beberapa waktu lalu melayangkan gugatan kepada mantan manajemennya, MLD Entertainment. Eks member MOMOLAND tersebut merasa perlakuan manajemen tak adil.

Semua berawal dari ajang Finding MOMOLAND yang merupakan awal mula terbentuknya girlband MOMOLAND. Daisy awalnya tereliminasi, namun dikontrak oleh manajemen pada 2016 dan bergabung dengan MOMOLAND pada April 2017.

Namun, MLD Entertainment memotong pendapatan Daisy sebanyak 66 juta Won, dan menyebut para kontestan Finding MOMOLAND harus membayar sepersepuluh dari total biaya produksi. Daisy pun menggugat manajemen karena menahan dari sebagian pendapatannya untuk menutupi biaya acara yang digelar 2016 tersebut.

Mengenai gugatan Daisy, MLD Entertainment menyebut kontak terkait pembayaran produksi konten sudah ditetapkan sebelum debut. Mereka juga menyebut hal ini sangat biasa terjadi di dunia hiburan.

Berdasarkan sumber, Pengadilan Seoul mengabulkan tuntutan Daisy dan meminta MLD Entertainment membayar 79,26 juta Won (Rp 942 juta).

"Kontrak tersebut berlaku sejak tanggal ditetapkan. Ungkapan 'sebelum debut' dalam kontrak berarti dimulai dari tanggal penandatanganan kontrak eksklusif. Tak ada bukti yang jelas hal tersebut merupakan praktik industri hiburan," ungkap pengadilan.

Selain itu, pengadilan juga memutuskan MLD Entertainment harus membayar 13 juta Won (Rp 154 juta) yang belum dibayarkan kepada Daisy. Walaupun begitu, pengadilan menolak permintaan Daisy yang meminta manajemen membayar biaya kerugian sebesar 10 juta Won.

MLD Entertainment pada akhirnya mengajukan banding terhadap Daisy. Sumber dari manajemen menyebut saat ini banding tengah dalam proses.

MOMOLAND awalnya debut dengan para kontestan yang berhasil memenangkan Finding MOMOLAND, yaitu Hyebin, Yeonwoo, Jane, Nayun, JooE, Ahin, dan Nancy. Namun pada 2017, mereka kembali sebagai grup dengan 9 member setelah Daisy dan Taeha bergabung.

Pada 2019, Taeha dan Yeonwoo memilih hengkang dari grup. Sementara Daisy memilih mengikuti jejak dua member lain pada 2020.



Simak Video "Tom Holland Beri Isyarat Pensiun Jadi Spider-Man?"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/wes)