6 Tahun Debut, Ini Perjalanan Karier iKON yang Penuh Perjuangan

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Rabu, 15 Sep 2021 17:05 WIB
Ikon
Foto: Istimewa
Jakarta -

Hari bahagia bagi para iKONIC karena 15 September menjadi tanggal debut iKON enam tahun yang lalu. Selain para penggemar, beberapa member iKON juga turut merayakan hari debut, seperti Song yang memposting foto iKON yang dengan warna hitam putih sambil tertawa lepas dengan menuliskan caption yang intinya berterima kasih atas dukungan penggemar.

Selain itu, Jay juga memposting foto dirinya sedang rekaman dengan menuliskan yang intinya bahwa waktu berlalu sangat cepat dan berterima kasih kepada penggemar yang sudah mendukung dan mencintainya. Enam tahun yang dijalani iKON bukanlah perjalanan yang mudah bagi mereka.

Berikut perjalanan karier iKON yang penuh perjuangan. Yuk, simak!

1. Terbentuk dari Ajang Survival

[Gambas:Youtube]

Sebelum debut bersama sebagai iKON, mereka harus melalui perjuangan dengan mengikuti dua kali acara survival, yaitu WIN: Who Is Next dan Mix & Match. Pada 2013, B.I, Bobby, Jinhwan, Ju-ne, Donghyuk, dan Yunhyeong berkompetisi sebagai Tim B di acara survival WIN: Who Is Next.

Sayangnya, tim mereka kalah dari Tim A dan gagal debut pada saat itu. Di tahun berikutnya, Tim B kembali berkompetisi di acara Mix & Match dengan tujuan untuk menentukan line-up terakhir grup iKON.

Sebelumnya, Bobby, B.I, dan Jinhwan telah dikonfirnasi sebagai member iKON dan member Tim B lain bersaing dengan tiga trainee baru. Di episode final, formasi terakhir berisi tiga anggota Tim B yang tersisa dengan tambahan Chanwoo.

2. Sukses Debut Lewat Lagu My Type

[Gambas:Youtube]

Setelah perjalanan panjang, IKON pun akhirnya resmi debut pada 15 September 2015 dengan merilis pra-single bertajuk My Type. Di awal debutnya, grup ini berhasil meraih piala kemenangan pertama mereka di acara Music Core pada 26 September 2015.

Lagu ini juga berhasil merajai tangga lagu Gaon, QQ Music, dan Youku. iKon juga menjadi tren di Weibo, di mana mereka dilaporkan dicari sebanyak 1,3 miliar kali.

3. Debut Jepang

Pada Januari 2016, IKON memulai debut Jepang dengan merilis versi Jepang dari album Welcome Back. Debut mereka di Negeri Sakura ini pun meraih respon positif dengan terjual 61.508 eksemplar di minggu pertama rilis dan menempati posisi ketiga di Oricon Weekly Chart.

Mereka juga mendapat penghargaan sebagai Artis Baru Terbaik di Japan Record Awards.

4. Tur Konser Pertama di Asia

Masih di tahun yang sama, iKON mengadakan tur Asia pertama mereka bernama iKoncert 2016: Showtime Tour dengan mengunjungi beberapa negara, seperti Taiwan, Cina, Hong Kong, Thailand, Singapura, Malaysia dan Indonesia. Tidak hanya itu, mereka juga mengadakan tur arena Jepang berjudul iKon Japan Tour 2016 dengan mengunjungi lima kota.

Pada 2017, iKon juga memulai tur dome pertama mereka dengan total 22 konser dengan dihadiri 233.000 penggemar.

5. Semakin Dikenal Dunia Lewat Lagu Love Scenario

[Gambas:Youtube]

iKON merilis album studio kedua mereka berjudul Return dengan lagu utama Love Scenario yang rilis pada 25 Januari 2018. Lagu tersebut berhasil berada di posisi puncak tangga lagu Mingguan Gaon selama 6 minggu dan menjadikan mereka sebagai artis pertama yang meraih prestasi tersebut.

Mereka juga dinobatkan sebagai artis top paruh pertama 2018 oleh Genie Music karena mereka menduduki puncak tangga lagu harian selama 35 hari.

6. B.I Hengkang dari iKON

Pada 2019, B.I mengumumkan hengkang dari iKon melalui akun Instagram pribadinya setelah Dispatch menemukan pesan KakaoTalk tiga tahun lalu tentang upanya untuk membelli ganja dan LSD dari seorang wanita yang dirahasiakan.

Selain hengkang, kontraknya dengan YG Entertainment langsung dihentikan imbas dari kasus tersebut.

7. iKON Tetap Promosi dengan 6 Member

[Gambas:Youtube]

Sejak hengkangnya B.I, sisa member pun kembali menyapa penggemar dengan merilis album I Decide dengan lagu utama Dive yang berada di urutan ketiga tangga album Gaon. Tahun ini, iKON juga telah comeback dengn merilis lagu bertajuk Why Why Why dan ikut berkompetisi di acara Survival Kingdom.



Simak Video "Kekasih Sedang Hamil, Bobby iKON Umumkan Akan Segera Menikah"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)