5 Hal soal Penyebar Rumor Skandal Lucas WayV, Diduga dari Indonesia

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Senin, 13 Sep 2021 16:19 WIB
Lucas WayV
Foto: dok. Instagram @lucas_xx444
Jakarta -

Belum lama ini, Lucas WayV pernah tersandung skandal memanfaatkan mantan pacar hingga selingkuh. Lucas dan SM Entertainment pun sudah merilis pernyataan maaf atas skandal yang menyerebak di kalangan penggemar tersebut.

Meskipun begitu, masih banyak penggemar yang tidak percaya dengan rumor tersebut dan melakukan investigasi selama 5 hari dengan menyewa tim investigasi siber swasta. Menurut hasil penyelidikan, penyebar tuduhan tersebut berasal dari Indonesia.

Yuk, simak sederet faktanya berikut ini:

1. Penuduh Bukan Berasal dari Korea Selatan

Dilansir Soompi, hasil penyidik menemukan bahwa akun @OK0zuh3XT5rPowj memiliki koneksi dengan akun @Ooooshiiim karena akun misterius tersebut memprediksi bahwa Lucas akan terungkap. Selain itu, pengguna akun tersebut menggunakan akun 'gmail' yang menunjukkan bahwa kemungkinan besar orang tersebut bukan berasal dari Korea Selatan.

Postingan bahasa Korea yang mereka gunakan pun dibuat dari layanan terjemahan lalu disalin dan ditempel untuk menjadi tweet.

2. Penuduh yang Diduga Penggemar BL (Boy Love)

Tim penyidik juga menemukan bahwa pemilik akun @Ooooshiiim ternyata pernah memposting tentang pembelian dan penjualan tiket acara K-pop yang telah dihapus. Selain itu, akun @Ooooshiiim merupakan penggemar dari buku-buku bertema BL (Boy Love) dan sering meninggalkan komentar dalam bentuk tweet di setiap buku yang dia baca.

3. Pemilik Akun @Ooooshiiim Diduga Orang Indonesia

Sebelumnya, pemilik akun @Ooooshiiim mengklaim bahwa dia adalah mantan pacar Lucas yang berasal dari Korea. Akan tetapi, penyidik menemukan bahwa akun @Ooooshiiim memiliki akun gmail dan nomor telepon kode area +62.

Biasanya, orang Korea akan menggunakan Naver sebagai domain yang lebih umum digunakan. Menurut kode area nomor telepon, nomor tersebut berasal dari Indonesia dan memperkuat bukti bahwa orang tersebut bukan berasal dari Korea.

4. Beragam Bukti Palsu

Beberapa foto yang dijadikan bukti penuduh juga terbukti palsu, seperti bukti percakapan WeChat yang jarak antara pesan yang terlalu lebar dan tidak memiliki ukuran yan sama. Selain itu, tanggal dan waktu juga transparan dan hurufnya tidak sejajar.

Pesan suara Lucas di Bubble juga dimanipulasi dan dipotong untuk membuat pesan suara yang digunakan Ooooshiiim sebagai buktinya. Kelinci dan sofa yang terlihat di foto Lucas yang sedang tidur juga terlihat sangat mirip dengan yang diambil di asrama mereka.

Boneka kelinci juga pernah terlihat di foto member lain dan di asrama mereka yang menegaskan bahwa itu adala sofa yang sama. Dan masih banyak bukti-bukti palsu lain yang telah diungkap oleh fans.

5. Pembatalan Keberangkatan ke Tiongkok dan Promosi Dihentikan

Dilansir dari media Sports Kyunghang, pada 10 September bahwa Lucas telah membatalkan keberangkatannya ke Tiongkok. Ini akibat dari skandal gaslighting kepada orang-orang yang mengaku sebagai mantan kekasihnya.

Selain itu, WayV yang dijadwalkan akan melakukan promosi pada ke Tiongkok pada Oktober nanti juga terpaksa dibatalkan. Laporan tersebut jga menyebut bahwa WayV belum memutuskan rencana terbaru untuk segera terbang ke Negeri Tirai Bambu tersebut.



Simak Video "Terkait Tudingan Gaslighting, Lucas 'WayV' Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)