Fanbase Jimin BTS di China 'Dihukum' Weibo Gegara Donasi Ulang Tahun

Tim detikcom - detikHot
Senin, 06 Sep 2021 12:21 WIB
Jimin BTS
(Foto: dok. Big Hit Music) Fanbase Jimin BTS terbesar di China sedang kena masalah. Apa yang terjadi?
Jakarta -

Di tengah ramainya isu soal Vicky Zhao atau Zhao Wei yang dilenyapkan pemerintah China, fanbase Jimin BTS terbesar di negara tersebut juga kena masalah. Apa yang terjadi?

Akun media sosial fanbase terbesar Jimin di China yang dikenal dengan nama Jimin Bar kena suspend atau penangguhan oleh Weibo. Weibo menyebut akun tersebut telah melanggar kebijakan dan peraturan lantaran proyek donasi ulang tahun yang sedang mereka lakukan.

Seperti diketahui, sudah menjadi tradisi di kalangan penggemar grup K-Pop untuk memasang iklan ulang tahun buat idola mereka. Untuk bisa memasang iklan ini penggemar biasanya melakukan pengumpulan dana donasi yang diatur oleh fanbase.

Jimin Bar menerima hukuman penangguhan akun dan tidak bisa menggunakan akun Weibo-nya selama 60 hari. Sebelum akunnya ditangguhkan oleh Weibo, Jimin Bar telah memecahkan rekor dengan mengumpulkan 1 juta yuan atau sekitar Rp 2,2 miliar donasi hanya dalam waktu tiga menit sejak pengumpulan dana dibuka.

Yang luar biasa lagi, dalam waktu satu jam donasi yang terkumpul mencapai 2,3 juta yuan atau sekitar Rp 5 miliar!

Dengan uang donasi tersebut rencananya fanbase Jimin BTS Jimin Bar akan berkolaborasi dengan Jeju Air, maskapai penerbangan dari Korea Selatan, untuk memasang ucapan selamat ulang tahun di badan pesawat. Ucapan selamat ini rencananya akan dipasang mulai 1 September 2021 hingga 30 November 2021, seperti dikutip dari The Straits Times.

Tidak hanya itu saja, Jimin Bar juga sudah punya rencana untuk mempermak tiket pesawat serta gelas kertas khusus bertuliskan Happy Jimin Day.

Di luar kerja sama dengan Jeju Air, Jimin Bar menggunakan dana donasi untuk memasang iklan di The New York Times (Amerika Serikat) dan The Times (Inggris) di hari ulang tahun Jimin. Jimin Bar mengklaim bahwa ini adalah momen pertama ucapan selamat ulang tahun dari fans akan tampil di dua surat kabar tersebut dalam waktu bersamaan.

Akun Weibo Jimin Bar ditangguhkan sejak Minggu (5/9/2021). Namun saat ini fanbase China tersebut masih aktif di media sosial lain seperti Twitter sehingga rencana-rencana mereka buat memeriahkan ulang tahun Jimin terus berjalan.

Fanbase China yang akrab dengan sebutan 'Bar' memang dikenal loyal terhadap artis idola mereka. Jimin Bar adalah satu dari sekian banyak Bar dari bintang K-Pop yang habis-habisan demi memberikan dukungan buat para bintang Korea.

(aay/pus)