Perjalanan Penuh Kesuksesan NCT Dream Selama 5 Tahun Debut

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Rabu, 25 Agu 2021 11:19 WIB
NCT Dream
Foto: (dok. SM Entertainment)
Jakarta -

Hari ini (25/8/2021), NCT Dream merayakan 5 tahun perjalanan kariernya di industri musik. Para member pun memberi pesan spesial kepada penggemar dengan mengucapkan terima kasih karena masih terus bersama hingga debut yang ke-5 ini.

Walaupun usia grup masih sangat muda, tapi grup yang baru merilis full album pertamanya ini sudah meraih berbagai prestasi dan popularitas. Dalam rangka memperingati hari debut NCT Dream, berikut sederet perjalanan karier mereka dari awal hingga sekarang. Yuk, simak!

1. Curi Perhatian Lewat Lagu Chewing Gum

NCT Dream memulai debutnya dengan merilis lagu bertajuk Chewing Gum dan menampilkan lagu tersebut di acara musik M Countdown pada 25 Agustus 2016.

Dengan konsep remaja dengan usia di bawah 20 tahun sekaligus manis dan polos membuat boyband ini cukup mencuri perhatian para penggemar. Lagu ini berada di posisi kedua di chart penjualan Lagu Digital Dunia dan urutan 23 di chart Spotify Viral 50 saat dirilis.

2. Mendapat First Win dengan Lagu My First and Last

Pada Februari 2017, NCT Dream melakukan comeback perdananya dengan merilis single album bertajuk The First dengan lagu utama My First and Last. Sayangnya, Jaemin saat itu tidak bisa ikut berpartisipasi dalam comeback ini karena mengalami cedera herniated disc dan mengharuskannya untuk hiatus sementara waktu.

Walaupun comeback tanpa Jaemin, NCT Dream menang di acara musik The Show dan menjadikan lagu My First and Last sebagai first Win mereka.

3. Jaemin Comeback di Lagu Go

Setalah setahun rehat sejenak, Jaemin kembali melakukan aktivitas bersama NCT Dream lewat lagu Go. Di lagu ini, NCT Dream juga merubah konsep mereka yang berawal dari remaja polos menjadi lebih dewasa dan keren. Lagu Go juga termasuk dalam album pertama NCT 2018 Empathy.

4. Kelulusan Mark dari NCT Dream

Di awal, NCT Dream memang memiliki konsep kelulusan yang artinya setiap member yang sudah berusia 20 tahun akan dinyatakan lulus dan tidak lagi melakukan promosi sebagai NCT Dream. Pada 2018, Mark dinyatakan lulus dari NCT Dream.

Mereka pun merilis album We Go Up sebagai comeback terakhir NCT Dream dengan formasi tujuh member. Selain itu, lagu bertajuk Candle Light milik NCT Dream untuk SM Station liriknya ditulis oleh Mark dan ditetapkan menjadi lagu terakhirnya di NCT Dream sebelum secara resmi lulus pada 31 Desember 2018.

5. Kembalinya Mark Sebagai Member NCT Dream

Setelah Mark lulus, banyak penggemar yang meminta kepada SM Entertainment untuk membuat NCT Dream menjadi unit tetap sebagai 7 member tanpa ada perubahan member. Pada April 2020, SM Entertainment pun mengumumkan NCT Dream akan merilis berjudul Reload dan adanya rebranding grup.

Setelah masa promosi album, sistem kelulusan dihapuskan dan NCT Dream akan melanjutkan dengan ketujuh anggotanya, termasuk Mark yang sebelumnya telah lulus pada akhir tahun 2018. Sebagai gantinya, SME menggunakan sistem rotasi untuk NCT Dream dengan tetap menggunakan formasi utama, tapi ada masanya kombinasi member akan berubah tergantung konsep comeback yang diusung.

6. Sukses Besar Lewat Album Hot Sauce dan Hello Future

Setelah lima tahun debut, akhirnya NCT Dream comeback dengan full album pertama mereka bertajuk Hot Sauce dan album repackage Hello Future. Full album tersebut sukses memecahkan rekor dengan penjualan sebanyak sekitar 3,23 juta keping dan menobatkan mereka sebagai triple million seller.

Lagu Hot Sauce juga berhasil memenangkan 8 piala dan Hello Future meraih 6 piala di berbagai acara musik.



Simak Video "K-Talk Ep 84: Main Game 'First Vs Last' Bareng NCT DREAM"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)