Min miss A Blak-blakan soal Diminta Jadi Kurus oleh JYP sebelum Jadi Idola K-Pop

Tim detikcom - detikHot
Rabu, 25 Agu 2021 08:07 WIB
Miss A
(Foto: Min miss A) Min miss A blak-blakan mengenai pengalamannya diminta kurus sebelum boleh debut di JYP Entertainment.
Jakarta -

Idola K-Pop selalu menampilkan sisi yang sempurna di depan kamera. Konon kabarnya manajemen K-Pop punya standar soal penampilan artis mereka hingga berapa berat badan ideal yang harus dimiliki oleh seorang member idola K-Pop. Min miss A blak-blakan mengenai pengalamannya soal ini di JYP Entertainment.

Jauh sebelum TWICE seterkenal sekarang, miss A adalah grup adalan JYP Entertainment. Kuartet ini debut di tahun 2010 dengan lagu Bad Girl Good Girl yang langsung jadi hits pada masa itu. miss A adalah salah satu grup generasi kedua K-Pop yang penampilannya selalu dinantikan. Sayangnya grup ini harus dibubarkan di tahun 2017.

Min bercerita soal masa-masa trainee di JYP Entertainment dalam sebuah episode podcast milik penyanyi eSNa di YouTube. Di sana dia membeberkan bagaimana dirinya pernah dikeluarkan dari JYP Entertainment lantaran berat badan.

"Aku jadi trainee (di JYP Entertainment) selama 8 tahun. Aku audisi di JYP, menang juara 1 di audisi JYP di Lotte World. Aku kelas 5 SD (saat itu). Aku dikirim ke LA dan New York untuk training. Aku sering berkali-kali dikeluarkan dari JYP karena tidak bisa menurunkan berat badanku. Jadi mereka punya masalah dengan berat badanku. Mereka bilang 'kami akan kirim kamu kembali ke Korea, turunkan berat badan, lalu kembali'," kisah Min yang memang cukup lama tak tampil lagi di depan kamera.

Dilanjutkan olehnya, dia dikirim kembali ke Korea dan berusaha untuk jadi kurus di Negeri Ginseng. Sambil bercanda, Min membeberkan alasan kenapa JYP tidak memintanya untuk tetap tinggal di Amerika Serikat dan berusaha diet di sana saja.

"(Tidak bisa menurunkan berat badan di Amerika) karena mungkin terlalu banyak McDonald's," katanya.

Selama proses itu, yang disebut Min terjadi dalam kurun waktu beberapa tahun, teman-teman seangkatannya ketika trainee sudah debut duluan. Dia pun lalu merasa kehilangan arah dan memutuskan untuk menyerah untuk jadi idola K-Pop.

Min pun keluar dari JYP dan mengejar mimpinya buat jadi dancer. Dia sempat mengenyam pendidikan di New York namun itu juga tidak berlangsung terlalu lama sebelum akhirnya dia kembali lagi ke JYP Entertainment.

"Aku di New York dan semua teman-teman trainee seangkatanku debut sebagai Wonder Girls, 2PM, dan mereka berkembang lalu sukses. Lalu aku di sini, ngapain? Aku kemudian keluar dari JYP dan melakukan hal lain, aku nggak tahu apa-apa karena aku masih muda. Aku menyerah (jadi trainee) lalu kembali ke Korea dan mempersiapkan diri buat ke New York untuk jadi dancer. Di New York aku pergi sendiri, masih muda, nggak punya visa. Aku di sana cuma setahun dan kemudian menyerah lagi. Akhirnya aku kembali (ke JYP) dan minta kesempatan kedua. (Aku bicara ke Park Jin Young) lalu, dia bilang akan memberikanku kesempatan kedua," beber Min.

Di sanalah kemudian Min kembali mencoba untuk menurunkan berat badannya sampai ke batas ideal yang ditentukan manajemen. Saat itu dia berhasil memiliki bobot antara 45 dan 46 kilogram dan JYP pun memutuskan untuk mendebutkannya bersama miss A.

Min masuk miss A di momen-momen terakhir ketika Jia, Fei, dan Suzy sudah bersama. Ketika diberikan kesempatan itu, dia sama sekali tidak menolak.

"Lalu aku jadi sangat kurus, 45 atau 46 kilogram. Lalu aku siap (untuk debut). Mereka bilang mereka sedang mempersiapkan grup bernama missA yang sudah siap debut. Sudah punya lagu dalam bahasa Mandarin. Mereka bilang aku akan cocok di grup itu. Lalu aku tanya, ini debutnya minggu depan? Bulan depan? Hell yeah, tentu saja aku mau. Lalu itulah yang terjadi," beber Min.

"8 tahun trainee, sepanjang masa itu aku keluar dan masuk JYP 3 kali. Dan itu semua karena berat badanku! Itulah (industri ini) kamu harus jadi kurus. Tapi aku suka banget makan!" tutupnya.

(aay/srs)