K-Talk Ep 90: Kontribusi Fans K-Pop untuk Indonesia

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Kamis, 19 Agu 2021 16:10 WIB
Jakarta -

Banyak publik yang mungkin memandang remeh fans K-Pop. Melihat mereka sebagai sekumpulan remaja yang terobsesi dengan para idola dari Korea Selatan. Namun pada kenyataannya, banyak fans K-Pop yang berkontribusi besar bagi kesejahteraan sesama warga Indonesia.

Fans-fans K-Pop, khususnya di Indonesia, kerap melakukan penggalangan dana untuk membantu mereka yang membutuhkan. Donasi demi donasi dilakukan untuk membantu mereka yang terdampak COVID-19, hingga membangun sekolah.

Tim K-Talk belum lama ini berbincang dengan perwakilan fans K-Pop dari fandom ARMY (fans BTS) dan ELF (fans Super Junior). Mereka merupakan dua dari banyaknya fandom yang turut menggalang donasi di masa pandemi.

ELF Indonesia belum lama ini melakukan penggalangan dana yang hasilnya disumbangkan kepada gerakan Oksigen untuk Warga. Gerakan tersebut mendistribusikan oksigen bagi pasien COVID-19 yang membutuhkan.

Dalam 24 jam pertama, mereka berhasil mengumpulkan donasi yang hampir menyentuh Rp 10 juta. Totalnya, ELF Indonesia berhasil mengumpulkan dana dari 299 donatur yang hasilnya sudah disalurkan pada akhir Juli 2021.

Di sisi lain, fans BTS yang tergabung dalam gerakan Senyum ARMY mendapat sorotan dari WHO karena menggelar program vaksinasi gratis yang diikuti oleh lebih dari 10 ribu orang. Program tersebut digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Hall A dan B pada akhir Juli 2021.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Senyum ARMY. Melalui akun Twitter-nya, ia berterima kasih kepada fans BTS di Indonesia atas kontribusi mereka untuk menyebarluaskan vaksinasi.

Tak hanya itu, Senyum ARMY juga menggelar instalasi pameran bertajuk Stay Gold is For the Vaccinated. Terinspirasi dari video musik BTS bertajuk Stay Gold, para ARMY bisa menikmati pameran dan berfoto setelah melakukan vaksinasi sebagai hiburan.

Lalu, apa sih tantangan yang dihadapi Senyum ARMY dan ELF Indonesia saat menjalankan program tersebut? Bagaimana pendapat mereka tentang budaya fans K-Pop yang kini sudah berkembang ke arah yang lebih baik dengan keinginan berbagi untuk sesama?

Simak wawancara tim K-Talk dengan perwakilan ARMY dan ELF di K-Talk episode 90!

(dal/wes)