Selain Sunny Dahye, 5 YouTuber Korea Ini Juga Curi Perhatian di Indonesia

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Senin, 16 Agu 2021 18:29 WIB
Sunny Dahye dan Chris Okano menikah
Foto: Dok. Instagram @sunnydahye @chrisokano
Jakarta -

Baru-baru ini, nama YouTuber Sunny Dahye menjadi trending topik di berbagai media sosial karena dituding menghina orang Indonesia. Hal ini berawal dari akun Instagram @sunnyisaliar2 yang mengunggah berbagai Direct Message (DM) dari orang-orang yang mengaku dekat dengan Sunny mulai dari teman hingga mantan editor konten.

Tidak hanya Sunny, ada beberapa orang Korea lainnya yang juga fasih berbahasa Indonesia dan pernah tinggal di tanah air. Siapa saja ya? Yuk, simak!

1. Jang Hansol

[Gambas:Youtube]

YouTuber yang tinggal dan besar di Indonesia selama 16 tahun ini memiliki channel YouTube bernama Korea Reomit. Dengan tagline 'Orang Korea yang medhok', Hansol menarik perhatian netizen Indonesia dengan meraih 4,71 juta subscriber.

Di dalam channelnya, dia menyajikan beragam konten, seperti menceritakan kisah horor, membahas kasus yang sedang trending, mukbang, kegiatan sehari-hari, dan konten lainnya. Kekasih Jeanette ini suka berbicara dengan campuran bahasa Indonesia dan Jawa karena Hansol sempat tinggal cukup lama di Malang, Jawa Timur.

2. Han Yoo Ra

[Gambas:Youtube]

Pernah mengenyam pendidikan di Indonesia membuat Han Yoo Ra cukup fasih berbicara dengan bahasa Indonesia. Wanita yang akrab disapa Eonnie Cetar ini memiliki channel bernama Han Yoo Ra [Little and BiG] yang telah mendapat lebih dari 1 juta subscriber.

Nama Han Yoo Ra sendiri sempat ikut terbawa dalam kontroversi Sunny Dahye karena diduga Sunny membuat fitnah tentang Yoo Ra. Aktris yang pernah bermain di sitkom dan film Indonesia ini pun mengklarifikasi bahwa Sunny sudah meminta maaf secara tulus melalui telepon.

3. Kimbab Family

[Gambas:Youtube]

Keluarga multikultural Indonesia dan Korea Selatan ini sukses meraih perhatian penonton Indonesia dengan meraih 1,85 juta subscriber lewat channel Kimbab Family. Awalnya, keluarga ini hanya membuat konten YouTube untuk dibagikan kepada kerabat dan orang terdekat.

Akan tetapi, konten yang menarik dan kekompakan orang tua dan anak ini membuat Kimbab Family dikenal di Indonesia. Keluarga yang pernah menetap sementara di Indonesia ini menyuguhkan berbagai konten, seperti vlog jalan-jalan saat masih di Indonesia dan Korea Selatan, berkebun, dan keseruan memasak sekaligus makan-makan.

4. Ujung Oppa

[Gambas:Youtube]

Pria bernama asli Hwang Woo Joong ini telah memiliki channel bernama Ujung Oppa yang kini telah mencapai 1,78 juta subscriber. YouTuber ini sering membuat konten tentang reaksi orang Korea tentang berbagai hal di Indonesia, mukbang, kegiatan sosial, dan masih banyak lagi.

Sudah menjadi WNA di Indonesia selama lebih dari 15 tahun membuatnya sudah terbiasa dengan budaya tanah air dan akhirnya memutuskan untuk memeluk agama Islam. Baru-baru ini, Ujung Oppa akhirnya resmi mempersunting kekasihnya Kania Permatasari pada 8 Agustus 2021. Kania Permatasari adalah seorang penyanyi dangdut jebolan ajang pencarian bakat Bintang Pantura 5.

5. Sunny Dahye

[Gambas:Youtube]

Wanita kelahiran tahun 1990 ini menjadi salah satu YouTuber asal Korea yang sangat terkenal di Indonesia. Memiliki channel bernama SunnydahyeIn, kini channel tersebut telah memiliki 2,57 juta subscriber.

Konten yang disajikannya pun beragam, seperti beauty dan fashion, k-pop dan entertainment, mukbang, dan masih banyak lagi. Baru-baru ini namanya menjadi trending topik di berbagai media sosial karena dituding menghina masyarakat Indonesia.

Hal ini berawal dari akun Instagram @sunnyisaliar2 yang mengunggah berbagai Direct Message (DM) dari orang-orang yang mengaku dekat dengan Sunny mulai dari teman hingga mantan editor konten. Unggahan tersebut menyebut bahwa Sunny berbohong bahwa dirinya sedang berpuasa saat membuat konten, padahal saat itu dia tidak berpuasa.

Dia juga menyebut penonton Indonesia bodoh dan miskin. Tidak hanya itu, dia juga tidak menyukai Han Yoo Ra dan membuat fitnah tentang YouTuber sekaligus artis tersebut. Hingga saat ini, belum ada klarifikasi Sunny Dahye terkait kontroversi yang menyerang dirinya.



Simak Video "Polisi Lacak Pemilik Akun yang Tuding Sunny Dahye Hina Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)