BTS hingga MAMAMOO, 5 Grup K-Pop yang Pakai Bahasa Isyarat dalam Koreografi

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Jumat, 06 Agu 2021 11:45 WIB
BTS
Foto: (dok. Twitter @bts_bighit)
Jakarta -

Musik merupakan salah satu bentuk komunikasi yang melampaui batasan bahasa dan K-Pop telah membuktikan hal tersebut. K-pop menjadi genre yang populer dan dicintai oleh banyak orang. Untuk tetap terhubung dengan penggemar, banyak penyanyi yang menampilkan beberapa lagu mereka dengan menggunakan bahasa isyarat.

Berikut sederet lagu K-Pop yang menggunakan bahasa isyarat ke dalam koreografi mereka. Yuk, simak!

1. SEVENTEEN - Thanks

[Gambas:Youtube]

Salah satu cara artis untuk berterima kasih kepada penggemar adalah dengan merilis lagu, termasuk SEVENTEEN. Tidak hanya mengungkapkan rasa terima kasih dalam bentuk lagu, tapi juga dalam bentuk bahasa isyarat yang dimasukkan ke dalam koreografi.

Gerakan mengaitkan jari kelingking di awal lagu memiliki makna janji dan dibagian chorus juga terdapat bahasa isyarat di lirik 'gomapta' yang artinya terima kasih.

2. MAMAMOO - Starry Night

[Gambas:Youtube]

Starry Night pertama kali dirilis oleh MAMAMOO pada 2018 yang berkisah tentang perpisahan yang menyakitkan dan kesulitan untuk move on. Untuk penyampaian isi lagu yanh lebih mendalam, para member menyelipkan bahasa isyarat dibagian chorus pada kalimat 'byeori binnaneun bam' yang artinya ini malam yang berbintang.

FYI,MAMAMOO sendiri memang dikenal sering menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi dengan penggemar saat fansign atau fanmeeting.

3. BTS - Permission To Dance

[Gambas:Youtube]

Baru-baru ini, comeback terbaru BTS lewat lagu Permission To Dance menarik perhatian karena menggunakan bahasa isyarat ke dalam koreografi mereka. Ada tiga bahasa isyarat digunakan yang memiliki makna 'damai', 'menyenangkan', dan 'menari'.

Dengan lagu yang mengajak seluruh dunia untuk menari dan meninggalkan semua kekhawatiran dan ditambah dengab gerakan bahasa isyarat membuat lagu ini menjadi sempurna.

4. BTOB - Missing You

[Gambas:Youtube]

BTOB juga menggunakan bahasa isyarat ke dalam koreografi untuk lagu Missing You yang merupakan ide dari para member dan koreografer mereka. Bahasa isyarat ini terletak dilirik 'neoreul geuriwohada' yang artinya 'merindukanmu' serta 'il nyeoni gabeoryeosseo' yang berarti 'setahun telah berlalu'.

Grup ini pernah berkolaborasi dengan dalah satu penggemar mereka untuk membawakan lagu tersebut.

5. Weki Meki - Butterfly

[Gambas:Youtube]

Girlband Weki Meki juga pernah menggunakan bahasa isyarat ke dalam koreografi mereka di lagu Butterfly. Hal ini dilakukan dalam rangka perayaan Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 untuk mengirimkan pesan dukungan dan semangat kepada para peserta melalui lagu tersebut.

Tidak hanya di satu bagian, tapi seluruh koreografi dibuat dalam bahasa isyarat.



Simak Video "MAMAMOO Akan Rilis Album The Best yang Berisi 23 Lagu"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)