14 Tahun Gemilang SNSD di Industri Musik K-Pop

Geralda Talitha - detikHot
Kamis, 05 Agu 2021 12:04 WIB
SNSD
Foto: SNSD (dok. Instagram)
Jakarta -

Tepat hari ini (05/08), girlband Girls Generation atau yang lebih dikenal dengan SNSD, telah mewarnai industri musik K-Pop selama 14 tahun. Walaupun saat ini setiap member telah disibukkan dengan kegiatan solonya masing-masing, namun hingga kini mereka tetap kompak untuk saling mendukung satu sama lain.

Bahkan beberapa waktu lalu, Taeyeon Cs dikonfirmasi bakal kembali tampil full member di acara Yoo Quiz on the Block. Selama 14 tahun berkarier, sudah banyak pencapaian dan prestasi gemilang yang ditorehkan SNSD sebagai salah satu girlband papan atas Korea Selatan.

Untuk memperingati hari debut SNSD, simak perjalanan awal mula karier SNSD hingga kini:

1. Sukses dengan Into the New World

SNSD memulai debut tak resminya pada 18 Juli 2007 melalui penampilannya di School of Rock M.net, dengan membawakan lagu Into the New World. Lagu ini akhirnya menjadi lagu debut mereka pada 2 Agustus 2007 dan secara resmi memulai debutnya pada 5 Agustus 2007 di panggung Inkigayo.

Saat itu, Into the New World berhasil meraih posisi pertama di M!Countdown dan Inkigayo sebayak 2 kali.

2. Gee Menyapu Bersih Chart Musik

Kepopuleran mereka makin terlihat saat merilis lagu Gee pada 2009. Saat itu single Gee mampu bertengger di posisi teratas di seluruh tangga musik dan memecahkan rekor nomor satu terlama di Music Bank dengan sembilan kali berturut-turut.

3. Girlband Pertama yang Memenangkan Disk Daesang

Sejak debut, segudang prestasi dengan mudah mereka dapatkan salah satunya di berbagai ajang penghargaan musik bergengsi Korea Selatan. SNSD menjadi grup wanita pertama yang memenangkan Digital (2009) dan Disk Daesang (2010) di Golden Disc Award sekaligus menjadi grup wanita pertama yang memenangkan Daesang tiga kali berturut-turut.

4. Gabung Label Rekaman di Jepang

Pertengahan 2010, Yoona Cs melebarkan kariernya untuk menembus pasar internasional, yang ditandai dengan penandatanganan kontrak dengan Nayutawave Record atau sekarang dikenal dengan EMI Records Japan, yang merupakan bagian dari Universal Music Japan.

Mereka merilis DVD berjudul New Beginning of Girls Generation pada Agustus 2011 dan berhasil menghantarkan SNSD sebagai girlband Korea pertama yang masuk dalam lima besar di Oricon Chart.

5. Raih Kesuksesan Internasional

Kepopuleran SNSD makin diakui dalam skala internasional, yang dibuktikan dari kesuksesan album studio ketiganya, The Boys, yang dirilis di Amerika Serikat oleh Interscope Records. Single The Boys juga bertengger di Billboard Top Heatseekers di posisi ke-17 dan terjual sebanyak 21 ribu kopi.

Bahkan mereka juga tampil di berbagai program televisi Amerika seperti Late Show with David Letterman dan Live! With Kelly.

6. Mengadakan Tur Konser

Di tahun 2015, SNSD memulai tur konser mereka, Girl's Generation Phantasia, yang dimulai pada 21 November di Seoul. Tidak hanya Seoul, Sooyoung Cs juga memulai Tur Jepang keempatnya di bulan Desember 2015.

7. Holiday Night Menjadi Album Terakhir

Dua tahun setelah menggelar tur konser, SNSD kembali merilis album studio keenam berjudul Holiday Night untuk memperingati 10 tahun debut mereka. Lagi-lagi Holiday Night berhasil mengantarkan SNSD meraih posisi puncak di Billboard World Album Chart.

Album ini melampaui The Boys sebagai album berbahasa Korea terlaris Girls Generation di minggu pertama, dengan penjualan lebih dari 167 ribu eksemplar.



Simak Video "Yoona 'SNSD' dan Kim Seon Ho Akan Bintangi Film Rom-Com"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)