Perjalanan Karier aespa, dari SM hingga Gabung CAA

Geralda Talitha - detikHot
Jumat, 23 Jul 2021 11:56 WIB
aespa
Foto: (dok. ist)
Jakarta -

Kamis malam (22/07/2021), aespa dikabarkan telah menandatangani kontrak dengan Creative Artist Agency (CAA), salah satu manajemen di Amerika Serikat yang juga mengelola kegiatan global SuperM dan NCT 127. Meskipun SM Entertainment masih akan mengelola aespa, namun CAA akan membantu aespa untuk membuka peluang berkarier di luar negeri.

Sebagai girl band rookie, tentunya ini menjadi pencapaiaan tertinggi bagi aespa sejak debut November 2020 lalu. Yuk intip perjalanan karier aespa sejak awal hinggi kini bergabung dengan CAA:

1. Curi Perhatian di Masa Debut

aespa pertama kali diperkenalkan SM Entertainment sejak Oktober 2020 lalu. Kemunculan aespa saat itu langsung mencuri perhatian lantaran visual para membernya yang kuat.

Belum lagi group ini menggunakan konsep kepribadian avatar virtual yang membuat mereka telrihat lebih unik dari idol group manapun. Hingga di bulan November 2020, Karina Cs memulai debutnya dengan single Black Mamba.

2. Sukses dengan Black Mamba

aespa juga menerima sambutan positif dari pecinta K-Pop. Black Mamba menoreh prestasi membanggakan bagi mereka. Hanya dalam 24 jam sejak dirilis, music video Black Mamba berhasil mendapatkan 21 juta penonton dan menjadikannya sebagai music video debut dengan pencapaiaan tertinggi dalam 24 jam.

Black Mamba juga menduduki posisi 100 dalam Billboard Global Chart dalam 3 hari setelah perilisannya dan bertahan selama 3 minggu berturut-turut.

3. Meraih Gelar Best New Artist

Hanya dalam 2 bulan sejak debut, aespa berhasil meraih penghargaan pertama mereka dengan menyabet gelar Best New Artist (Overseas) di Asian Pop Music Awards. Mereka juga memenangkan New Artist of The Year - Digital di Gaon Chart Music dan meraih kemenangan di SBS Inkigayo pada Januari 2021, sekaligus meraih gelar Rookie of The Year di Seoul Music Awards 2021.

4. Masuk Chart Musik Internasional

aespa juga membuktikan kesuksesaannya sebagai girl group rookie, dengan debut di posisi 138 Billboard Global 200 dan peringkat ke-100 di Excl.US. Dengan Black Mamba, aespa juga sukses menciptakan rekor baru sebagai group pendatang baru yang menguasai tangga lagu iTunes di 48 negara dan tangga lagu Apple di 93 negara dalam waktu satu hari sejak perilisan lagu.

5. Comeback dengan Next Level

Sempat hiatus beberapa waktu, Mei lalu aespa kembali menyapa MY (fans aespa) dengan single terbaru mereka, Next Level. Mengikuti Black Mamba, Next Level juga meledak di industri musik, bahkan lagu ini sempat viral karena memiliki tarian yang unik hingga dicover oleh sederet idol K-Pop.

Kesuksesaan ini membuat Next Level merajai chart 24Hits di platform MelOn. Pencapaiaan ini menjadikan aespa sebagai artis SM pertama yang mencapai No.1 di chart MelOn 24Hits.

Bahkan music video Next Level mengalahkan Black Mamba dengan meraih 100 juta kali penyangan di YouTube dalam waktu 32 hari delapan jam sejak dirilis.



Simak Video "K-Talk Spesial: Aespa yang 'Next Level'"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)