6 Lagu K-Pop Ini Dituding Plagiat, BTS Butter hingga Taeyeon Weekend

Geralda Talitha - detikHot
Jumat, 23 Jul 2021 11:27 WIB
BTS
Foto: (dok. Big Hit Music)
Jakarta -

Isu plagiat kerap kali mewarnai industri musik, tak terkecuali musik K-Pop. Ada berbagai alasan yang membuat musik K-Pop dituding plagiat, salah satunya kemiripan melodi dengan lagu populer lainnya.

Namun di balik kemiripan itu, sebenarnya ada alasan lain yang tidak diketahui banyak orang, yang membuat lagu K-Pop sering dikira menjiplak lagu lain karena memiliki melodi yang sama. Berikut deretan lagu K-Pop yang pernah dituding melakukan plagiat:

1. Butter (BTS) - Monster In My Pocket

[Gambas:Youtube]

[Gambas:Youtube]

Baru-baru ini, Butter milik BTS dituding memiliki kesamaan dengan musik latar game Monster In My Pocket yang dirilis oleh perusahaan game Konami untuk perangkat NES pada tahun 1992. Hal ini sempat membuat heboh warganet, karena terdapat kesaman pada bagian introduction di kedua lagu ini.

Tak lama setelahnya, composer asli lagu game Monster In My Pocket merilis pernyataan. Mereka mengaku tahu BTS namun belum mendengar lagu Butter.

Setelah mendengarnya, mereka menyebut kesamaan tersebut hanya kebetulan. Sang composer malah senang karena lagu yang diciptakannya untuk game menjadi pembicaraan.

2. Don't Wanna Cry (Seventeen) - Something Just Like This (The Chainsmorkers & Coldplay)

[Gambas:Youtube]

[Gambas:Youtube]

Tidak sedikit orang yang menilai bahwa Don't Wanna Cry milik Seventeen memiliki kemiripan dengan lagu Something Just Like This milik The Chainsmorkers dan Coldplay. Namun masalah ini dapat terselesaikan, setelah homepage Korea Music Copyright Association menampilkan nama Andrew Taggart dari The Chainsmorkers dan empat member Coldplay di daftar produser yang terlibat dalam lagu Don't Wanna Cry.

3. Dumb Dumb (Red Velvet) - Bang Bang (Jessie J, Nicki Minaj dan Ariana Grande)

[Gambas:Youtube]

[Gambas:Youtube]

Red Velvet juga pernah bernasib sama dengan dua group sebelumnya. Lagu hits mereka, Dumb Dumb dituding menjiplak lagu Bang Bang yang dipopulerkan Jessie J, Nicki Minaj dan Ariana Grande.

Kedua lagu ini memang punya tema yang sejenis. Namun yang cukup menonjol adalah beat dan sound effects yang terdengar hampir serupa. Sayangnya SM Entertainment tidak pernah mengklarifikasi kesamaan ini.

4. Ko Ko Bop (EXO) - Light My Body Up (David Guetta)

[Gambas:Youtube]

[Gambas:Youtube]

Lagu andalan EXO di album The War, Ko Ko Bop, pernah dicap sebagai plagiarism lantaran memiliki kesamaan irama pop reggae dan bass elektronik dengan lagu Light My Body Up milik David Guetta.

Hal ini semakin diperkuat, saat netizen mencoba menyamakan kunci kedua lagu ini. Hasilnya ditemukan kesamaan melodi dan tempo dalam dua lagu ini. Namun bukti ini dianggap tidak terlalu kuat untuk menuding Ko Ko Bop sebagi hasil plagiat.

5. Dancing Queen (SNSD) - Mercy (Duffy)

[Gambas:Youtube]

[Gambas:Youtube]

Saat perilisannya 2012 lalu, lagu Dancing Queen milik SNSD sempat menghebohkan karena memiliki kemiripan melodi dengan lagu Mercy yang dipopulerkan Duffy. Dancing Queen sebenarnya bukanlah hasil plagiat.

Lagu ini merupakan hasil remake yang awalnya ingin dirilis 2008. Namun karena ada masalah hak cipta, Dancing Queen baru bisa dirilis empat tahun kemudian.

6. Weekend (Taeyeon) - Say So dan Kiss Me More (Doja Cat)

[Gambas:Youtube]

[Gambas:Youtube]

Lagu Taeyeon yang dirilis belum lama ini, Weekend, disebut-sebut mirip dengan dua lagu milik Doja Cat, Say So dan Kiss Me More. Kemiripan ini terlihat dari konsep, nuansa lagu, hingga font yang digunakan untuk judul lagu Weekend dan Say So.

Bahkan kemiripan ini dikomentari seseorang yang diduga kritikus musik, Kim Do Heon. Dia mengungkapkan kalau Weekend memiliki segi instrumen gitar, musik bertema disko hingga efek vokal yang sama dengan lagu Say So dan Kiss Me More.

Namun sampai saat ini, SM Entertainment belum mengkonfirmasi kemiripan yang ada dalam ketiga lagu ini.



Simak Video "Melihat Dampak Kebijakan Baru China Terhadap Industri K-Pop"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)