Duh! 5 MV K-Pop Ini Dilarang Tayang di TV Korea

Geralda Talitha - detikHot
Rabu, 14 Jul 2021 09:03 WIB
Grup K-Pop Blackpink
Foto: Instagram: @blackpinkofficial
Jakarta -

Tidak semua MV lagu-lagu K-Pop mendapat izin untuk ditayangkan di televisi nasional Korea Selatan. Walaupun secara global MV tersebut menoreh prestasi membanggakan, nyatanya stasiun televisi nasional Korea tetap menyeleksi beberapa MV yang bisa ditayangkan.

Ada berbagai alasan MV lagu K-Pop tidak diijinkan untuk tayang. Konten yang kurang pantas seperti gerakan tari yang provokatif atau lirik yang eksplisit menjadi alasan umum MV lagu K-Pop dilarang tayang di beberapa stasiun televisi Korea.

MV apa saja yang dilarang tayang di TV Korea? Berikut daftarnya:

1. Kill This Love - BLACKPINK

[Gambas:Youtube]

Music video Kill This Love milik BLACKPINK pernah dilarang untuk ditayangkan di KBS. Alasannya karena dalam music video tersebut terdapat adegan yang memperlihatkan Rose tidak memakai sabuk pengaman saat mengendarai mobil, yang dinilai oleh pihak KBS sebagai tindakan melanggar peraturan lalu lintas.

Pihak KBS khawatir kalau penonton bakal ikut-ikutan tidak menggunakan sabuk pengaman saat berkendara.

2. Dope - BTS

[Gambas:Youtube]

KBS juga sempat melarang pemutaran music video Dope milik BTS. Karena dalam music video ini terdapat lirik yang dianggap terlalu vulgar, sehingga ditakutkan memberi dampak buruk bagi penonton.

Selain itu, lirik rap yang dinyanyikan J-Hope juga dinilai terlalu kasar.

3. Island - WINNER

[Gambas:Youtube]

KBS lagi-lagi kembali memboikot music video boygroup. Kali ini, giliran WINNER yang harus menerima music video salah satu lagunya yang bertajuk Island dilarang ditayangkan di stasiun televisi nasional Korea.

Adanya kiasan-kiasana berbau homoseksual, terutama dalam penggalan lirik "Just like a cocktail, I want to mix you on the sofa". Korea sendiri memang sampai saat ini termasuk salah satu negara yang menolak keras LGBTQ+.

4. Catallena - Orang Caramel

[Gambas:Youtube]

Salah satu MV milik girlband Cattalena, Orange Caramel juga bernasib sama seperti tiga MV sebelumnya. MV Orange Caramel sempat tidak diberi izin penayangan oleh KBS, lantaran ada sebuah adegan yang menggambarkan para anggota sebagai putri duyung yang dibungkus dengan paket plastik serta berpakain seperti sushi di atas nasi. KBS menganggap adegan tersebut telah merendahkan nilai kemanusiaan.

5. Cherry Bomb - NCT 127

[Gambas:Youtube]

2017 lalu, salah satu music video milik NCT 127 berjudul Cherry Bomb sempat dilarang tayang di KBS. Lagu yang diciptakan Taeyong dan Mark ini dianggap memiliki nilai kekerasan pada liriknya yang bisa berpengaruh buruk bagi kalangan remaja. Hal ini membuat NCT 127 harus rela tidak melakukan promosi lagu Cherry Bomb di KBS.



Simak Video "K-Talk Spesial: MV Reaction! LALISA yang Penuh Kharisma"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)