Bergabungnya Wendy Red Velvet Tuai Protes, Sederet Kontroversi SNL Korea

Geralda Talitha - detikHot
Kamis, 08 Jul 2021 11:11 WIB
SNL Korea
Foto: SNL Korea
Jakarta -

Sejak awal tahun 2021, variety show Saturday Night Live Korea dikabarkan akan kembali dengan musim terbaru. Jelang penayangan, baru-baru ini Wendy Red Velvet dikonfirmasi bergabung sebagai salah satu cast.

Namun bergabungnya Wendy menuai kontra dari warganet di Twitter. Alasannya karena Wendy adalah seorang penyanyi, bukan komedian yang dapat melucu.

Selain itu kontroversi yang kerap terjadi di Saturday Night Live membuat fans khawatir dengan image Wendy yang bisa saja rusak jika dia bergabung di acara tersebut. #WENDY_OUT_SNL menjadi cara para fans untuk menyuarakan rasa kekecewaan terhadap keputusan SM Entertainment.

Berikut sederet fakta tentang Saturday Night Live:

1. Tentang Saturday Night Live

Saturday Night Live Korea atau biasa dikenal dengan SNL Korea adalah variety show yang tayang di tvN yang diadaptasi dari variety show populer Amerika berjudul sama yang tayang di NBC. SNL sendiri memiliki konsep berupa sketsa komedi yang ditayangkan saat tengah malam.

2. Memiliki 6 Season

Saturday Night Live pertama kali ditayangkan pada November 2011 dengan cast tetap 17 orang yang terdiri dari para aktor dan komedian populer di Korea Selatan pada masa itu. Di antaranya Kim Won Hae, Ahn Young Mi, Han Seo Jin hingga aktor Go Kyung Pyo.

Hingga kini SNL Korea memiliki 6 season dan di setiap seasonya para cast dan hostnya selalu berganti.

3. Singgung Isu Sosial

SNL beberapa kali kerap menyinggung isu sosial sebagai bahan komedi yang berujung kontroversial. Di tahun 2014, SNL pernah menampilkan sketsa komedi mengenai anak angkat asal Korea yang tumbuh besar di Amerika.

Sketsa tersebut sebenarnya ingin menunjukaan pelafalan bahasa Korea Jason Dooyoung Anderson yang aneh saat berusaha membaca surat. Namun sketsa ini malah memicu amarah penonton karena dianggap menyerang keluarga dengan anak angkat asal Korea.

4. Jadikan Penyakit Sebagai Lelucon

Puncaknya terjadi di tahun 2016. Acara komedi populer ini membuat gerah publik Korea Selatan setelah skandal pelecehan seksual yang dilakukan salah satu komediannya saat memparodikan program Immortal Songs. Komedian Jung Yi Ran yang menirukan aktris Uhm Aeng Ran saat itu menyanyikan lagu Like Being Hit by a Bullet milik Baek Ji Young.

Namun saat kata 'dada' muncul, Yi Ran mengatakan "Saat kata dada muncul, aku malu. Karena aku tidak punya dada untuk dipegang." Candaan tersebut lantas membuat penonton terkejut, karena SNL berani menjadikan penyakit Uhm Eng Ran yang saat itu didiagnosis menderita kanker payudara sebagai lelucon.

4. Insiden Pelecehan Seksual

November 2016 lalu, SNL kembali terlibat skandal. Kali ini mereka terlibat skandal pelecehan seksual yang dilakukan para komedian wanita yang menjadi cast tetap dan beberapa kru kepada B1A4 yang saat itu diundang sebagai bintang tamu.

Saat itu terdapat sebuah video para staf SNL Korea sedang memberikan perkenal singkat. Saat staf tersebut memperkenalkan B1A4 sebagai bintang tamu, tiba-tiba saja mereka menyentuh area vital para member B1A4.

5. SNL Dihentikan

Saat kontroversi ini semakin berkembang, tim produksi SNL Korea akhirnya menghapus video itu dan meminta maaf secara resmi kepada B1A4 atas insiden tersebut. Tidak hanya B1A4, Block B dan Infinite juga pernah mengalami insiden serupa. Atas segala kontroversi tersebut, pihak tvN memutuskan mengakhiri penayangan SNL Korea akhir Desember 2016.



Simak Video "Pesan Hangat WENDY Red Velvet Lewat Debut Solo 'Like Water'"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)