Makna Nama Panggung Tersingkat 7 Idola K-Pop, V hingga IU

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Senin, 05 Jul 2021 17:03 WIB
Ini Rahasia Diet V BTS yang Tetap Ramping Meski Doyan Ngemil
(Foto: Instagram V BTS) Sederet idola kpop ini memiliki nama panggung unik yang hanya terdiri tidak lebih dari dua huruf. Simak makna dari nama tersebut!
Jakarta -

Nggak semua idola K-Pop debut dengan nama asli mereka. Beberapa menggunakan nama panggung yang dipilihkan manajemen. Nggak jarang nama-nama tersebut amat pendek hanya satu atau dua huruf.

Selain terdengar unik, nama-nama idola ini ternyata memiliki artinya tersendiri, lho. Siapa saja, ya? Yuk, simak!


1. V BTS

V BTSV BTS Foto: dok. Big Hit Entertainment

V merupakan nama panggung milik member BTS Kim Tae Hyung. Dalam sebuah wawancara, V berkata bahwa ada tida nama panggung yang direkomendasikan Big Hit untuknya, yaitu Six, Lex, dan V. Setelah mempertimbangkan, akhirnya dia memilih V sebagai nama panggung yang cocok untuk dirinya karena mewakili "Victory" yang artinya kemenangan.

2. DK SEVENTEEN

DK 'Seventeen'DK SEVENTEEN Foto: Pledis Entertainment

Vokalis utama SEVENTEEN, Lee Seok Min memiliki nama panggung DK atau Dokyeom. Saat menjadi bintang tamu di acara Ask Us Anything, DK bercerita bahwa awalnya nama Dokyeom akan dipakai oleh Mingyu dan dirinya hampir memakai nama panggung Yong Pal dan The8. Yong Pal berarti vokal yang kuat dari delapan naga dan kemudian menjadi The8 yang artinya delapan naga. Akan tetapi, akhirnya Mingyu menggunakan namanya sendiri dan dia memakai nama Dokyeom yang berarti seseorang yang jago di berbagai bidang.

3. N VIXX

Drama Korea MineN di Drama Korea Mine Foto: dok. tvN

Cha Hak Yeon yang merupakan member boyband VIXX yang belum lama ini membintangi drama MINE memiliki nama panggung N. Nama tersebut dipilih bukan berdasarkan alfabet Inggris, melainkan terinspirasi dari bahasa Jepang. Di Jepang, nama N diucapkan "en" yang berarti nasib atau takdir. Itu sebabnya, dia memilih nama panggung tersebut karena merasa takdirnya adalah bertemu dengan para penggemar sebagai idola.

4. RM BTS

RM BTSRM BTS Foto: dok. BTS official facebook

Saat memulai debutnya bersama BTS, Kim Nam Joon memiliki nama panggung Rap Monster. Nama panggung itu muncul ketika dia menulis sebait lagu saat masih menjadi trainee dan kemampuannya itu membuat para staf agensi memanggilnya dengan sebutan Rap Monster. Akan tetapi, pada 2017, Nam Joon mengganti nama panggungnya menjadi RM karena dirasa terlalu panjang dan tidak cocok dengan musik yang dibuatnya sekarang. RM sendiri merupakan kepanjangan dari "Real Me".

5. L INFINITE

L infiniteL infinite Foto: istimewa

Visual boyband INFINITE Kim Myung Soo memiliki nama panggung L. Nama tersebut dipilihnya sendiri dengan alasan bahwa karakternya sangat mirip dengan karakter L dari anime terkenal Death Note. Saat ini dia tengah menjalani wajib militer yang telah dijalani sejak Februari 2021.

6. D.O EXO

D.O EXOD.O EXO Foto: (dok. SM Entertainment)

Salah satu vokalis EXO Do Kyung Soo memiliki nama panggung yang biasanya dikenal sebagai D.O. Sebenarnya, tidak ada arti secara khusus nama panggung itu diberikan kepadanya. D.O sendiri adalah nama marga. Akan tetapi, arti nama Do Kyung Soo berdasarkan karakter hanja adalah cerah dan berbunga.

7. IU

IU, idol KPop awet mudaIU Foto: dok. Twitter

Terakhir, ada penyanyi sekaligus aktris Lee Ji Eun yang memiliki nama panggung IU. Nama panggungnya tersebut berasal dari kata I dan You yang disingkat menjadi IU. Nama tersebut melambangkan bahwa dia dan penggemar bisa menjadi satu melalui musik.

(aay/aay)