5 Hal Terkait Kasus Samuel Kim vs Brave Entertainment

Geralda Talitha - detikHot
Kamis, 01 Jul 2021 11:27 WIB
Kim Samuel, idol yang ayahnya jadi korban pembunuhan di Meksiko.
Foto: Dok. Instagram/its_kimsamuel
Jakarta -

Kasus yang terjadi antara Samuel Kim dengan mantan agensinya, Brave Entertainment, kini tengah memasuki babak baru. Beberapa hari lalu, pihak kepolisiaan telah memutuskan akan untuk tidak melanjuti tuduhan pemalsuan dan pengelapan dokumen pribadi terhadap Brave Entertainment.

Kasus ini ditutup karena pihak kepolisiaan sampai saat ini tidak dapat menemukan bukti yang kuat untuk dugaan kesalahan yang dilakukan produser dan CEO Brave Entertainment. Berikut kronologi terkait kasus Samuel Kim dengan Brave Entertainment:

1. Pemutusan Kontrak Secara Sepihak

Kasus Samuel Kim dengan Brave Entertainment mulai terkuak ke publik 2019 lalu. Samuel bergabung dengan Brave Entertainment di tahun 2017, setelah tidak lolos 11 besar Produce 101.

Setelah 2 tahun, Samuel memutuskan untuk hengkang dari Brave Entertainment dan memilih untuk berpromosi sebagai artis independen. Keputusan ini dilakukannya karena ia merasa dimanfaatkan dalam promosi bisnis mata uang digital milik CEO Brave Entertainment tanpa memperoleh penghasilan tambahan.

2. Samuel Mengajukan Gugatan

Merasa dirugikan, pada Mei 2019 lalu Samuel mengajukan gugatan terhadap Brave Entertainment untuk mengkonfirmasi tidak adanya kontrak eksklusif. Samuel Kim juga menggugat secara pidana Brave Brothers setelah gagal mengakhiri kontraknya dengan agensi.

Samuel juga mengajukan tuntutan pidana terpisah atas penipuan, penggelapan dan pemalsuan dokumen yang dilakukan Brave Brothers.

3. Gugatan Balik Brave Entertainment

Brave Entertainment tidak tinggal diam. Di saat Samuel sibuk mengajukan gugatan, Brave Entertainment menyatakan bahwa tidak ada perlakuan yang tidak adil. Sebaliknya, agensi yang juga menaungi Brave Girls ini menyatakan bahwa Samuel Kim menolak secara sepihak untuk melanjutkan semua jadwalnya tanpa alasan yang dapat dibenarkan.

Hingga akhirnya pada Mei 2020, Brave Entertainment mengajukan gugatan terhadap Samuel Kim atas kerugian 1 milliar Won.

4. Brave Brothers Dinyatakan Tidak Bersalah

Setelah melalui proses penyelidikan panjang, pada 25 Juni lalu, pihak kepolisian akhirnya membebaskan Brave Brothers dari semua tuduhan yang dilayangkan oleh Samuel Kim, setelah tidak menemukan bukti bahwa Brave Brothers bersalah selama penyelidikan mereka.

5. Samuel Meminta Penyelidikan Ulang

Pada 30 Juni lalu, Samuel merilis pernyataan yang mengungkapkan penyesalannya karena kasus ini tidak lagi diteruskan. Samuel kini berencana untuk mengajukan banding atas keputusan tersebut karena ia mengaku memiliki bukti yang cukup untuk membuktikan bahwa keputusan itu salah.

Samuel meminta jaksa untuk menyelidiki ulang kasus ini dengan cermat untuk melihat apakah ada kekurangan dalam penyelidikan.



Simak Video "Menyentuh! Ungkapan Kerinduan Samuel Kim untuk Sang Ayah"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)