5 Idol Group K-Pop Ini Sering Produksi Musik Sendiri

Geralda Talitha - detikHot
Selasa, 15 Jun 2021 15:10 WIB
BTS
Foto: (dok. HYBE)
Jakarta -

Menjadi idola K-Pop biasanya mereka akan dituntut untuk meningkatkan skill dalam hal menyanyi dan menari. Namun seiring berkembangnya industri musik K-Pop, beberapa tahun belakangan para idol K-Pop telah diberi ruang untuk bisa mengeksplor musik mereka sendiri dengan melakukan self composed atau membuat lagu mereka sendiri.

Mulai dari membuat lirik, komposisi, aransemen hingga koreografi yang sesuai untuk lagu mereka. Penasaran group K-Pop mana saja yang memproduksi lagunya sendiri?

Berikut daftarnya:

1. BTS

BTSBTS Foto: (dok. HYBE)

Hingga kini, tidak ada satu pun lagu-lagu milik BTS yang tidak sukses merebut hati para ARMY. Hal ini karena para ARMY bisa merasakan setiap pengalaman, emosi, dan perjuangan yang dicurahkan V Cs di setiap lagu-lagu mereka. Kesuksesaan sederet hits BTS ini, karena adanya campur tangan dari para member di setiap proses pembuatannya.

Sejak awal, group beranggotakan 7 orang ini sudah memproduksi musik mereka sendiri, terutama J-Hope, RM dan Suga yang memiliki andil terbesar dalam proses pembuatan sederet hits mereka.

2. SEVENTEEN

SEVENTEEN ; [Semicolon]SEVENTEEN ; [Semicolon] Foto: dok. Pledis Entertainment

Setiap lagu SEVENTEEN yang populer, tidak lepas dari peran para member yang terlibat dalam proses produksi lagu-lagu mereka. Woozi memiliki peran terbesar untuk memproduksi sederet hits SEVENTEEN, mulai dari Don't Wanna Cry, Very Nice hingga Help. Tidak hanya lagu, koreografi mereka yang selalu terlihat energik dan powerful juga tidak lepas dari peran Hoshi yang turut membantu untuk menyusun setiap gerakan agar sesuai dengan melodi lagu yang ada.

3. PENTAGON

PENTAGONPENTAGON Foto: (dok. ist)

Tidak lagi menjadi rahasia kalau kemampuan Hui dalam memproduksi sebuah lagu memang patut diacungi jempol. Selain suka membuatkan lagu untuk penyanyi lain, deretan hits yang diciptakan Hui untuk groupnya pun juga nggak kalah easy listening, bahkan sukses merajai chart musik Korea.

Beberapa lagu yang diciptakan Hui untuk PENTAGON seperti Shine, Runaway, Dr.Babe hingga Daisy.

4. STRAY KIDS

Stray KidsStray Kids Foto: Stray Kids (dok. JYP Entertainment)

STRAY KIDS bisa dibilang sebagai salah satu group yang membernya selalu berkontribusi aktif dalam setiap karya-karyanya. Namun 3RACHA yang terdiri dari Bang Chan, Changbin dan Han punya andil terbesar dalam proses penciptaan lagu-lagu STRAY KIDS sejak awal debut hingga kini.

Beberapa lagu yang diproduksi langsung oleh 3RACHA seperti Hellevator, lagu Side Effects yang dirilis tahun lalu dan beberapa mixtape juga sepenuhnya ditulis dan diproduksi sendiri oleh 3RACHA.

5. (G)I-DLE

GidleGidle Foto: Instagram @official_g_i_dle

Walaupun terbilang group rookie, namun (G)I-DLE mampu bersaing dengan para group K-Pop senior lainnya dengan beragam hits populer mereka. Kepopuleran setiap lagu (G)I-DLE tidak lepas dari peran salah satu membernya, Soyeon, yang memang dikenal sebagai produser utama yang memproduksi musik-musik groupnya.

Tidak sendirian, Soyeon juga dibantu oleh dua member lainnya, Minnie dan Yuqi yang terlibat aktif dalam proses penulisan lagu. LATATA, HWAA, Senorita dan Oh My God adalah beberapa judul lagu yang diproduksi langsung oleh Soyeon, lo.



Simak Video "BTS Meal Terjual Lebih Dari 1,2 Juta di Korea Selatan"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)