Pencinta K-Pop, Kamu Sudah Tahu Arti Nama Fandom 5 Group Ini?

Geralda Talitha - detikHot
Kamis, 22 Apr 2021 12:21 WIB
Jimin BTS
Foto: dok Big Hit Entertainment
Jakarta -

Musik K-Pop kini sudah dikenal luas oleh penikmat musik di dunia. Semakin besar nama suatu group idol, maka semakin besar pula jumlah penggemarnya.

Untuk menghargai kehadiran para fans yang sangat berharga bagi perjalanan karier gorup idol, mereka biasanya akan membentuk klub penggemar atau lebih dikenal dengan sebutan fandom. Nama sebuah fandom biasanya bisa ditentukan oleh para penggemar ataupun artisnya itu sendiri.

Uniknya, setiap nama yang telah dipilih ternyata punya filosofinya tersendiri lo. Penasaran? Simak arti nama fandom dari group idol populer dibawah ini:

1. ARMY - BTS

BTSBTS Foto: (dok. ist)

Para ARMY kamu tahu nggak arti dari nama fandom BTS ini? ARMY merupakan singkatan dari Adorable Representative M.C for Youth. Ternyata BTS nggak memlih kata ARMY secara sembarangan.

Kata ARMY sendiri punya hubungan yang erat dengan nama BTS. Kata BTS memiliki arti peluru, sementara ARMY adalah tentaranya yang selalu melekat dengan peluru. Bagi group yang dikepalai RM ini, BTS tidak akan berada di posisinya sekarang jika tanpa adanya dukungan dari para ARMY. Saking cintanya dengan para fansnya, BTS pun selalu menyebut ARMY ketika mereka berhasil mendapat penghargaan atau pencapaian.

2. EXO-L - EXO

Tradisi Member EXO, D.O. EXOTradisi Member EXO, D.O. EXO Foto: dok Instagram weareone.exo

EXO-L adalah singkatan dari EXO-Love. Tapi pernah nggak kamu bertanya-tanya kenapa EXO memilih huruf L untuk ditambahkan di belakang kata EXO? Itu karena, huruf L terletak di diantara huruf K dan M.

Kedua huruf itu merupakan nama dari sub-unit mereka, EXO-K dan EXO-M. EXO memlih huruf L, karena mereka menganggap kalau para fans akan selalu berada bersama mereka dan selalu terlindungi oleh para member EXO.

3. Shawol - SHINee

SHINeeSHINee Foto: Twitter | @SHINee

Filosofi kata Shawol ternyata merupakan gabungan dari nama group dan kata 'world'. Dua kata yang digabungkan ini berasal dari nama album pertama mereka, sehingga para member dan fans akan selalu ingat kapan mereka pertama kali terbentuk. SHINee juga menganggap kalau para Shawol itu adalah dunia mereka.

4. Reveluv - Red Velvet

Red Velvet di konser SMTOWN Live Culture HumanityRed Velvet di konser SMTOWN Live Culture Humanity Foto: dok. Instagram @smtown

Arti nama fandom Red Velvet juga nggak kalah manis. Para fans Red Velvet menyebut diri mereka sebagai Reveluv. Kata Reveluv diambil dari tiga kata yaitu Red, Velvet dan Love. Kata Rev nggak dipilih mereka sembarangan.

Rev dalam bahasa Prancis memiliki arti mimpi. Jadi arti kata Reveluv adalah Red Velvet ingin mewujudkan mimpi bersama penggemar yang mendukung dan selalu ada untuk mereka.

5. ONCE - TWICE

Teaser foto TWICE Eyes Wide OpenTeaser foto TWICE Eyes Wide Open Foto: dok. JYP Entertainment

Group TWICE juga menyebut para fans mereka dengan sebutan unik, yaitu ONCE. Sekilas terdengar seperti arti dari kata bahasa Inggris, ya?

Memang betul, mereka memilih kata ONCE yang merupakan kata lain dari angka pertama. Arti kata ONCE bagi TWICE yaitu kalau para fans mencinta group ini sekali, maka TWICE akan mencintai penggemarnya dua kali lipat dari para penggemarnya. Sweet banget ya?



Simak Video "Melihat Dampak Kebijakan Baru China Terhadap Industri K-Pop"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)