B.I Resmi Bikin Fandom, Intip Perjalanan Kariernya di Dunia Musik!

Geralda Talitha - detikHot
Jumat, 16 Apr 2021 13:38 WIB
Kim Hanbin atau B.I IKON dari instagram.
Foto: Dok. Instagram/shxbi131
Jakarta -

Kamis kemarin (15/04/2021), B.I kembali menunjukkan eksistensinya di industri hiburan dengan meresmikan nama klub penggemarnya dengan nama ID. Nama ini dipilih B.I bukanlah tanpa alasan.

Bagi B.I, ID berarti identitas yang menandakan kalau para penggemarnya melengkapi identitas B.I sebagai musisi. ini menjadi langkah awal bagi B.I untuk kembali berkarya di industri musik.

Tentunya untuk berada di posisi saat ini, dirinya telah melewati proses yang cukup panjang dalam berkarier. Berikut perjalanan karier B.I di industri hiburan:

1. Berawal dari MC Mong

Karier musik penyanyi yang punya nama asli Kim Hanbin ini dimulai saat dirinya terlibat dalam single MC Mong berjudul Indian Boy di 2009. Barulah dua tahun kemudian dia menandatangani kontrak dengan YG Entertainment.

2. Ikut Acara Survival

Seperti penyanyi idol lainnya, B.I juga sempat mengikuti program survival. Setelah gabung dengan YG Entertainment, idol berzodiak Libra ini ikut program survival WIN: Who Is Next milik YG, agar bisa memulai debut sebagai artis. Tapi sayangnya, saat itu B.I kalah menjadi pemenang di WIN.

3. Show Me The Money

Walaupun kalah di WIN, saat itu B.I dan Bobby berkesempatan untuk terlibat dalam membuat lagu debut WINNER yang berjudul Empty. Barulah mereka berdua tampil di acara Show Me The Money 3 (2014).

Namanya mulai jadi pusat perhatian, setelah single Be I menduduki peringkat pertama tangga lagu Top Korea.

4. Debut dengan iKON

Akhirnya di tahun 2015, laki-laki yang jago nulis lirik melow ini, berhasil debut dengan iKON dan menempati posisi leader. Di awal kemunculannya, iKON mengeluarkan album bertajuk Welcome Back, di mana dalam album itu B.I dan Bobby berkontribasi cukup besar untuk album pertama mereka.

5. Meraih Banyak Penghargaan

Walaupun iKON terhitung sebagai group rookie, tapi mereka berhasil membawa pulang banyak penghargaan. Tahun 2015, iKON sukses membawa pulang piala pertamanya di Mnet Music Awards sebagai artis pendatang baru.

Setahun kemudian, mereka bahkan berhasil menyabet piala Daesang. Belum lagu Love Scenario yang ditulis B.I menjadi lagu paling populer di tahun 2018. Berkat keahliannya dalam menciptakan lagu-lagu untuk iKON, B.I membawa pulang piala kemenangan sebagai Songwriter of The Year untuk lagu Love Scenario di Melon Music Awards ke-10.

6. Diterpa Skandal

Ketika sedang berada di puncak kariernya bersama iKON, nama B.I menjadi sorotan karena terseret skandal penyalahgunaan obat-obat terlarang. Nggak mau merugikan iKON, akhirnya dengan berat hati B.I memilih keluar dari iKON, 2019 lalu. Tapi B.I dinyatakan tidak bersalah setelah melewati serangkaian pemeriksaan.

7. Aktif di Soundcloud

Setelah memutuskan rehat dari industri musik, tahun lalu B.I kembali menyapa para fans lewat lagu-lagu ciptannya yang diunggah di Soundcloud. Tentunya hal ini mengobati rindu para fans yang sudah tidak sabar melihat B.I kembali berkarya.

8. Bos IOK Company

Awal September 2020, para fans dikejutkan dengan B.I yang diresmikan sebagai salah satu direktur eksekutif IOK Company. IOK Company dikenal sebagai rumah produksi dari beberapa drakor populer, seperti Can You Hear My Heart?, Blood hingga Stranger. Aktor Jo In Sung dan Ko Hyun Jung adalah nama-nama yang tergabung di IOK Company.

9. Comeback Solo

Maret lalu, B.I baru saja merilis album solonya, Love Streaming dan terdiri dari tiga lagu. B.I memilih Midnight Blue, sebagai lagu utama untuk comebacknya kala itu.

Seluruh keuntungan penjualan albumnya itu didonasikan B.I untuk mendukung anak-anak yang mengalami krisis dunia melalui World Vision.



Simak Video "Menanti Kembalinya B.I Lewat 'Midnight Blue'"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)