5 Idol K-Pop Cowok dari SM Entertainment yang Debut Lebih dari 2 Kali

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Jumat, 09 Apr 2021 18:02 WIB
Baekhyun
Foto: (dok. SM Entertainment)
Jakarta -

Biasanya, para idol K-Pop debut sebanyak 2 kali, yaitu saat debut pertama kali dengan grupnya dan menjadi solois. Akan tetapi, tidak sedikit agensi yang membuat inovasi dengan membentuk sub-unit atau grup baru yang berisikan idol K-Pop yang sudah pernah debut di grup sebelumnya, salah satunya SM Entertainment.

Bahkan, idol K-Pop pria dari agensi tersebut debut lebih dari dua kali di sepanjang kariernya. Siapa saja, ya? Yuk, simak!

1. Taemin SHINee

Taemin SHINeeTaemin SHINee Foto: (dok. SM Entertainment)

Maknae dari boyband SHINee ini pertama kali memulai debut bersama grupnya pada 2008 dengan membawakan lagu Replay. Empat tahun kemudian, Taemin kembali debut dengan masuk ke dalam grup Younique Unit, yang merupakan grup berisi para dancer dari SM Entertainment.

Debutnya kembali berlanjut pada 2014 dengan merilis album solo bertajuk Ace. Tidak sampai di situ, Taemin juga turut debut bersama boyband SuperM.

2. Baekhyun EXO

BaekhyunBaekhyun Foto: (dok. SM Entertainment)

Baekhyun menjadi member EXO satu-satunya yang sangat aktif melakukan berbagai macam debut. Dia pertama kali memulai debut keartisannya sebagai member EXO pada 2012.

Setelah itu, Baekhyun kembali debut sebagai member sub-unit EXO-CBX pada 2016. Dilanjut pada 2019, dia debut lagi di dua proyek sekaligus, yaitu SuperM dan solo debut.

3. Yesung Super Junior

Yesung personel Super JuniorYesung personel Super Junior Foto: Instagram/@yesung1106

Tidak kalah dengan para juniornya, Yesung juga sering melakukan debut di berbagai grup dan sebagai solois. Vokalis satu ini, pertama kali debut sebagai member Super Junior pada 2005.

Setahun setelahnya, Yesung kembali debut sebagai Super Junior KRY. Pada 2008, dia juga tergabung dalam grup Super Junior-H. Empat tahun kemudian, Yesung debut bersama grup SM The Ballad dan dia juga melakukan solo debutnya pada 2016.

4. Eunhyuk Super Junior

eunhyuk sujueunhyuk suju Foto: Instagram eunhyukee44

Eunhyuk bisa dibilang menjadi member Super Junior yang ikut debut di hampir semua sub-unit SJ. Pada 2005, Eunhyuk Memulai debut pertamanya di Super Junior dan tergabung dalam SJ-M yang fokus pada pasar Tiongkok.

Dancer satu ini, kembali debut pada 2007 dengan tergabung dalam SJ-T. Setahun kemudian, dia juga debut di sub-unit SJ-H. Tidak cukup sampai situ, pada 2011 dia membentuk sub-unit bersama Donghae dengan nama Super Junior D&E dan turut ikut dalam proyek dance bernama S.M. The Performance.

5. Mark NCT

NCT (Mark)NCT (Mark) Foto: SM Entertainment.

Pria bertalenta ini jadi member satu-satunya di NCT yang ikut di hampir semua sub-unit, kecuali WayV. Mark pertama kali debut sebagai member NCT U pada 2016 dengan lagu The 7 th Sense. Masih ditahun yang sama, dia juga turut tergabung dalam grup NCT 127 dan NCT Dream.

Tiga tahun kemudian, dia kembali debut bersama Baekhyun dan artis SM lainnya dalam grup SuperM.



Simak Video "Baekhyun EXO Jadi Pekerja Publik Selama Wamil Karena Alasan Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)