Fans Ji Chang Wook Minta Kejelasan Soal Refund Tiket Fanmeeting yang Ditunda

Tim detikcom - detikHot
Minggu, 28 Mar 2021 13:03 WIB
Ji Chang Wook
Fans Ji Chang Wook yang membeli tiket event fanmeeting sang artis yang diselenggarakan Mecimapro meminta kejelasan soal refund. (Foto: @jichangwook/ instagram)
Jakarta -

Fanmeeting aktor Korea Selatan Ji Chang Wook bertajuk 2020 Ji Chang Wook Asia Fanmeeting Tour in Jakarta adalah salah satu yang terdampak pandemi COVID-19. Event ini tadinya berencana diselenggarakan promotor Mecimapro pada Maret 2020.

Namun acara pada Maret 2020 tersebut ditunda karena kondisi COVID-19. Promotor memutuskan mengeluarkan tanggal baru buat event yang sama di 19 September 2020.

Saat mengumumkan perubahan tanggal, Mecimapro memberikan pilihan buat fans untuk refund atau menyimpan tiket yang sudah dibeli.


Sayangnya acara 2020 Ji Chang Wook Asia Fanmeeting Tour in Jakarta pun akhirnya batal digelar di tanggal 19 September 2020. Diumumkan Mecimapro pada Agustus 2020, fanmeeting ini akan dijadwalkan ulang ke tanggal yang baru yang akan diinformasikan lebih lanjut.


Di penundaan kedua ini, Mecimapro menjanjikan tiket yang sudah dibeli bisa digunakan di tanggal baru dan akan ada update. Hanya saja, Mecimapro tidak memberikan informasi mengenai refund untuk mereka yang ingin membatalkan tiket yang sudah mereka beli.

Keluhan fans yang ingin refund

Media sosial ramai dengan keluhan fans Ji Chang Wook yang ingin mengajukan refund. Tidak sedikit dari mereka mengeluh kesulitan untuk mendapatkan uang mereka kembali.

"Bulan Agustus (2020) kemarin udah tanya ke Mecima mengenai refund. Eh malah jawabnya dengan nada menyalahkan kenapa gak refund di Maret 2020. Ya kan di Maret 2020 status reschedule event Ji Chang Wook-nya jelas. Bakal diadakan September 2020. Dan lagipula kalo tahu Mecima bakal begini sih, di Maret 2020 nggak pake babibu langsung refund aja deh," tulis salah seorang fans di Twitter. detikcom sudah mendapat izin untuk mengutip cuitan tersebut.

Mecimapro sempat menjawab keluhan fans

Fans lain bernama VS menceritakan bahwa dirinya sempat berkomunikasi dengan pihak Mecimapro terkait refund.

"Saya sempat nanya ke mereka dan mereka responsnya, 'oh ini kalau refund nggak ada. Pokoknya tiket kamu otomatis berlaku untuk jadwal selanjutnya yang akan diumumkan lebih lanjut'. Nah disaat itu saya ngerasa aneh kok kita nggak dikasih opsi refund ya? Terlebih ini nggak ada tanggal pastinya lagi kapan bisa terselenggara. Terus dia (Mecimapro) bilang, 'iya karena COVID-19 kita nggak bisa mastiin'."

"Nah justru karena COVID-19 nggak bisa dipastiin, seharusnya saya punya hak untuk pilih refund dong. Nggak boleh dipaksa sepihak seperti itu. Dan (abis) itu ilang nggak dibales-bales. Sampai akhirnya karena nggak dibales-bales, dan kolom komentar IG-nya ditutup, DM nggak pernah dibales, saya cari telepon atau alamatnya. Ternyata nggak punya alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi," keluh VS.

Fans ramai-ramai kirim email ke manajemen (di halaman selanjutnya)

Fans ramai-ramai kirim email ke manajemen

VS dan 70 fans Ji Chang Wook yang belum mendapat refund akhirnya memutuskan untuk mengirim email permintaan refund. Tidak hanya ke Mecimapro tapi juga ke Glorious Entertainment selaku manajemen Ji Chang Wook.

VS dan fans Ji Chang Wook lainnya mengirimkan email pada 27 Februari 2021 ke pihak manajemen dan promotor. Glorious Entertainment membalas email tersebut dan mengisyaratkan bahwa permohonan pengajuan refund bisa dilakukan ke pihak promotor.

"Akhirnya ada respons. Barulah dibuka refund tapi ternyata refund-nya nggak bisa semua dikabulkan," katanya lagi.

Refund bersyarat dari Mecimapro

Setelah email protes dilayangkan, promotor Mecimapro akhirnya membuka proses refund bersyarat. Dijelaskan oleh VS, pihak promotor meminta dokumen pendukung selain bukti pembelian.

"Dia selalu bilang coba pendukungnya apa dan sertain dokumen selengkap-lengkapnya, nanti kami intinya akan mempertimbangkan. Tapi menurut saya itu aneh. Maksudnya, itu kan hak setiap pemegang tiket. Sedangkan menurut kami di antara obrolan sesama pemegang tiket, ini tuh ternyata yang berhasil refund adalah mereka yang membuktikan mereka di PHK atau mereka yang sakit atau anggota keluarganya yang sakit," ungkap VS lagi.

"Tapi itu pun nggak semua. Secara subjektif mereka menilai dari kelengkapan dokumen. Tapi menurut saya agak keterlaluan karena mereka sampai minta kalau misalnya anggota keluarganya sakit, kartu keluargamu mana? ID orangtuamu yang sakit itu mana? Maksudnya itu kan udah ranah privat dan ini sebenarnya hak seluruh pemegang tiket (untuk bisa mendapatkan uang mereka kembali)," keluh VS.

Ji Chang WookJi Chang Wook batal bertemu fans di Jakarta lantaran COVID-19. Foto: Ji Chang Wook (dok. ONE Channel)

Refund dan jangka waktu

Konser atau event yang batal karena pandemi COVID-19 bukan hanya event 2020 Ji Chang Wook Asia Fanmeeting Tour in Jakarta yang digelar Mecimapro. Sederet event juga batal dilakukan pada tahun 2020.

AEG Presents Asia, PK Entertainment dan Sound Rhythm selaku promotor konser ONE OK ROCK di Jakarta yang seharusnya digelar 30 dan 31 Mei 2020 memutuskan menunda konser dan membuka kesempatan refund dalam periode waktu tertentu. Kala itu mereka membuka refund mulai 14 hingga 31 Desember 2020. Meski memang, promotor memberi opsi juga buat fans yang ingin mempertahankan tiketnya saat pertunjukkan pengganti diumumkan.

Hal itu juga yang terjadi pada konser Raisa di GBK yang batal. Sang artis secara langsung mengimbau penggemar untuk refund tiket hingga batas waktu tertentu. Kedua promotor event yang batal ini menegaskan bahwa proses refund yang lewat tenggat tidak dapat diproses.

Undang-Undang Perlindungan Konsumen

Menyoal refund tiket, berdasarkan Pasal 4 huruf h Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen ("UUPK"), pembeli tiket konser sebagai konsumen berhak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian, apabila barang dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya.

Pasal 7 huruf g UUPK tercantum bahwa pelaku usaha wajib memberi kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian apabila barang dan/atau jasa yang diterima atau dimanfaatkan tidak sesuai dengan perjanjian.

hukumonline.com menulis, Jika uang pembelian tiket konser yang dibatalkan tidak segera dikembalikan, maka penyelenggara dapat digugat secara perdata atas dasar wanprestasi.

Mengutip situs yang sama, Ketua Komunitas Konsumen Indonesia David M. L. Tobin, juga menyatakan bahwa konsumen berhak mendapatkan kembali pembayaran tiket secara penuh dan tidak boleh dikurangi biaya-biaya administrasi lainnya. Selain itu juga, konsumen tidak boleh dipaksa dan seharusnya diberikan pilihan apabila dilakukan penundaan konser. Konsumen bisa menarik diri atau menunggu penundaan tersebut sampai konser diselenggarakan.

Tanggapan Mecimapro

detikcom mencoba menghubungi Mecimapro lewat email dan mengajukan pertanyaan terkait refund event fanmeeting Ji Chang Wook pada Minggu (28/3/2021) pagi. Jawaban Mecimapro bisa dibaca di artikel berikut: Klarifikasi Mecimapro soal Refund Tiket Fanmeeting Ji Chang Wook yang Ditunda

(aay/doc)