Perjalanan Karier Stray Kids yang Gemilang di Industri Musik K-Pop

Geralda Talitha - detikHot
Kamis, 25 Mar 2021 19:24 WIB
Stray Kids
Stray Kids dalam formasi 9 member sempat datang ke Jakarta sebelum Woojin keluar. (Foto: Hanif Hawari/detikHOT)
Jakarta -

Tanggal 25 Maret menjadi hari istimewa bagi group Stray Kids. Sejak pagi hari ini, tagar #StrayKids3rdAnniversary bertengger di trending topic Twitter. STAY (fans Stray Kids) sedang memperingati tiga tahun Stray Kids mewarnai dunia musik pop Korea.

Kalau kamu belum pernah mendengarkan Stray Kids, mereka adalah salah satu grup K-Pop yang kini tengah naik daun. Lagu-lagunya punya kesan tersendiri dan memiliki ciri khas yang membuat Stray Kids berbeda dari grup JYP Entertainment yang sudah-sudah.

Untuk memperingati hari debut Stray Kids hari ini Kamis (25/03/2021), simak yuk perjalanan awal mula karier Stray Kids hingga kini!

1. Berawal dari survival show

Terbentuknya Stray Kids berawal dari program survival show yang dibuat JYP Entertainment tahun 2017. Stray Kids awalnya beranggotakan sepuluh member yaitu Bang Chan, Woojin, Changbin, Lee Know, Hyunjin, Han, Felix, Seungmin, I.N dan Woojin yang akhirnya keluar karena sebuah kasus.

Bang Chan diberi kepercayaan oleh JYP buat memilih sendiri formasi member Stray Kids. Dia dipercaya melakukan ini karena merupakan trainee terlama di antara member yang lain. Bang Chan menjalani masa latihan di JYP Entertainment selama tujuh tahun dan seangkatan dengan member GOT7, DAY6, dan TWICE.

2. Aktivitas pre-debut

[Gambas:Youtube]


Selama masa pre-debut, Stray Kids mengeluarkan satu video musik berjudul Hellevator dan merilis album EP bertajuk Mixtape yang berisikan tujuh lagu yang juga diproduksi oleh seluruh member. Album pre-debut mereka ini juga berhasil berada di posisi kedua chart Gaon di Korea dan Billboard untuk kategori US World Albums.

3. Debut dengan Album EP

Tahun 2018, Stray Kids akhirnya berhasil debut dengan merilis EP berjudul I Am Not dalam dua versi: I Am dan Not. Lagu District 9 dipiliah jadi track andalan buat debut mereka. Lewat album debut ini, Stray Kids berhasil mendapat posisi 4 di Gaon Album Chart hingga posisi 5 di Billboard US World Album.

4. Rekor untuk District 9

[Gambas:Youtube]


Debut dengan District 9, video musik Stray Kids berhasil mencetak beberapa rekor. Salah satunya jadi MV debut grup K-Pop paling banyak ditonton dalam 24 jam karena District 9 meraih 4 juta penonton saat itu. Rekor ini mengalahkan MV Energetic milik Wanna One.

5. Ditinggal Woojin

Pada November 2019, Woojin memilih hengkang dari Stray Kids karena sebuah kasus yang sempat ramai kala itu. Mundurnya Woojin sempat memberi dampak pada perilisan album baru Stray Kids.

6. Merilis Album Penuh Pertama

[Gambas:Youtube]


Juni 2020, group yang dikepalai oleh Bang Chan ini, merilis album full pertama mereka dengan judul Go Live dan memilih God's Menu sebagai lagu utama. Go Live menjadi album pertama mereka yang berhasil menduduki posisi puncak di tangga album Gaon mingguan.

Berkat kesuksesannya itu, Stray Kids mendapatkan sertifikasi platinum dari Gaon karena album pertamanya itu berhasil terjual lebih dari 250.000 kopi pada Agustus 2020.

7. Kolaborasi dengan Alesso dan CORSAK

[Gambas:Youtube]


Beberapa hari lalu, Stray Kids merilis lagu terbaru bertajuk Going Dumb dan berkolaborasi dengan Alesso, musisi EDM asal Swedia dan CORSAK, seorang penyanyi sekaligus produser asal Tiongkok. Kolaborasinya kali ini juga mendulang kesuksesan yang luar biasa bagi Stray kids.

Terhitung sejak 23 Maret 2021, Going Dumb sukses menempati posisi pertama di iTunes Top Songs di total 31 negara bagian. Di antaranya Brasil, Singapura, hingga Thailand.

(aay/aay)