Kritikus Musik Korea Komentari Kekalahan BTS di Grammy Awards 2021

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Senin, 15 Mar 2021 12:39 WIB
BTS
BTS belum membawa pulang Grammy tahun ini. Kritikus musik Korea Selatan buka suara. (Foto: dok. Twitter/BTS)
Jakarta -

BTS jadi grup K-Pop pertama dalam sejarah musik Korea Selatan yang masuk ke nominasi Grammy Awards 2021. Meski sayang mereka belum membawa pulang piala tahun ini.

BTS menjadi salah satu nominasi di kategori Best Pop Duo/Group Performance. Kategori ini pertama kali dibuat Grammy di tahun 2012. Tidak hanya jadi yang pertama dari Korea Selatan, BTS adalah musisi Asia pertama yang masuk ke kategori yang kemudian dimenangkan oleh Lady Gaga dan Ariana Grande tersebut.

Kritikus musik Korea Selatan mengomentari pencapaian BTS di Grammy Awards 2021. Seperti halnya fans, mereka juga menyayangkan BTS tidak bawa pulang piala tahun ini. Menurut kritikus musik Jung Min Jae, kesempatan BTS buat menang sebenarnya tidak kecil.

"Dynamite bertahan di tempat tertinggi di chart musik dan bahkan merangkak naik lagi baru-baru ini. Tapi memang, kompetisi dengan nominator lain sangat kuat," ungkap Jung Min Jae dikutip dari The Korea Herald pada Senin (15/3/2021).

Meski demikian, Jung Min Jae tidak ingin orang-orang menutup mata buat pencapaian BTS yang sudah sejauh ini. Juga bagaimana Grammy terbilang lebih terbuka buat lagu-lagu dan musisi non-Barat yang menyanyikan lagu di luar Bahasa Inggris.

Sudah jadi isu yang ramai dibicarakan soal eksklusivitas Grammy selama beberapa tahun ke belakang ini. Sehingga masuknya BTS ke dalam nominasi perlu juga diberi apresiasi.

"Jangan abaikan soal masuk nominasi saja juga sudah sangat signifikan. Bukan hal yang biasa buat girlband dan boyband (Korea Selatan) masuk nominasi atau menang di Grammy," lanjut Jung.

Dalam sejarah Grammy sendiri, Backstreet Boys jadi boyband yang dinominasikan ke Grammy sejak debut mereka di 1993 tapi tidak pernah menang sama sekali. Begitu juga dengan Jonas Brothers yang sudah masuk nominasi Grammy Awards di 2009.

Salah satu pengamat musik yang kecewa dengan kekalahan BTS di Grammy tahun ini adalah Lee Gyu Tak dari George Mason University Korea. Dia punya pandangan berbeda soal nominasi BTS di Grammy tahun ini.

"Debut mereka di Grammy cukup terlambat, harusnya mereka sudah jadi nominasi setahun atau dua tahun yang lalu. Ini membuktikan betapa tertutupnya Recording Academy. Agak disayangkan lebih-lebih bagaimana para member sangat menantikan piala ini. Mereka sudah meraih semua pencapaian dan menjadikan Grammy sebagai tujuan akhir dalam hal penghargaan. Tapi aku tidak ragu mereka akan mendapat kesempatan lain di masa depan, mungkin salah satu dari empat kategori utama. Lagipula ini baru nominasi pertama," ujar Lee Gyu Tak.

(aay/doc)