Kakao M Buka Suara Terkait Ratusan Lagu K-Pop Hilang di Spotify

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Senin, 01 Mar 2021 12:03 WIB
Kakao M
Foto: (dok. ist)
Jakarta -

Fans K-Pop dibuat bingung setelah ratusan lagu K-Pop favorit mereka hilang dari Spotify. Rupanya, hal tersebut terjadi karena adanya isu terkait lisensi antara Spotify dengan Kakao M.

Spotify sebelumnya telah merilis pernyataan terkait alasan ratusan lagu K-Pop yang didistribusikan oleh Kakao M hilang dari Spotify secara global. Mereka mengaku tidak bisa memperpanjang kesepakatan terkait lisensi global dengan Kakao M.

Kini, akhirnya pihak Kakao M merilis pernyataan. Mereka mengklaim pihak Spotify lah yang memilih untuk tak memperpanjang persetujuan mereka walaupun pihak Kakao M sudah terlebih dahulu melakukan permintaan.

"Di luar perjanjian lisensi global kami dengan Spotify, Kakao M secara terpisah telah melakukan negosiasi dengan Spotify terkait kontrak domestik untuk suplai musik," ungkap Kakao M.

"Berbeda dengan kontrak domestik, yang mana masih dalam negosiasi, kami mendapatkan pemberitahuan secara terpisah terkait berakhirnya lisensi kami pada 28 Februari 2021. Kami telah meminta perpanjangan dari kontrak global yang sudah ada," lanjutnya.

Di akhir pernyataannya, Kakao M menegaskan saat ini masih melakukan negosiasi dengan Spotify terkait pasokan musik.

"Karena kebijakan Spotify yang mengharuskan kami melanjutkan kontrak domestik dan global dalam waktu bersamaan, kontrak global kami saat ini telah berakhir. Kami saat ini sedang melanjutkan negosiasi terkait suplai musik," pungkasnya.

Akibat dari isu yang terjadi antara Spotify dan Kakao M, ratusan lagu dari sejumlah musisi hilang dari peredaran Spotify secara global. Di antaranya IU, Epik High, Zico, The Boyz, hingga DRIPPIN.

Hal ini menuai protes dari fans yang meminta Spotify dan Kakao M menyelesaikan permasalahan ini karena tak hanya merugikan para artis, tetapi juga pendengar musik K-Pop secara global.



Simak Video "Kakao M Sebut Spotify yang Akhiri Kesepakatan Lisensi Lagu K-Pop"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/nu2)