Choi Siwon Cerita Pengalaman Di-bully di Forum UNICEF

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Kamis, 04 Feb 2021 08:40 WIB
Choi Siwon
Foto: Instagram
Jakarta -

Choi Siwon mengutarakan pendapatnya soal cyber bullying. Dia bicara di forum UNICEF Kindness Leaders Conference Southeast Asia bersama dengan beberapa peserta konferensi lewat Zoom pada Rabu (3/1/2021).

Selama beberapa tahun terakhir, Choi Siwon dikenal sebagai duta UNICEF. Tak hanya aktif jadi idola K-Pop, Siwon juga aktif berkampanye soal anak-anak bersama UNICEF.

Salah satu peserta konferensi hari ini bertanya soal pengalaman Siwon soal cyber bullying. Sesuatu yang memang amat dekat dengan kehidupan idola K-Pop.

Choi Siwon pun memberikan pendapatnya meski tidak secara langsung mengisahkan pengalaman pribadinya. Saat ditanya apakah pernah mengalami cyber bully, Siwon tidak menampik.

"Ya, tentu saja (pernah)," kata Siwon seperti dilihat detikcom di Facebook UNICEF East Asia & Pacific. "Melihat media sosial kita saat ini dan bagaimana masyarakat terpecah, semua pasti punya pengalaman dalam berbagai bentuk soal bullying dan kebencian di internet," katanya.

Siwon memaparkan bahwa belakangan masyarakat di internet amat sangat sering berdebat. Bahkan kebencian dan perkelahian di forum online jadi lebih sering dari biasanya.

"Maksudku, terlalu banyak amarah," kata Siwon.

Terlebih sebagai selebriti, bullying di media sosial bisa meningkat ke level yang sangat ekstrem menurut artis SM Entertainment itu.

"Sebagai seniman, penampil, dan selebritas, level bullying-nya bisa jadi sangat ekstrem terutama di media sosial. Orang-orang bicara (yang negatif) soal diriku dan keluargaku. Mereka pikir efeknya tidak sebesar bullying fisik, tapi sebenarnya jauh lebih parah," lanjutnya.

Siwon menyebut mengapa efek bullying di media sosial punya efek lebih besar. Yaitu karena tindakan itu selalu ikut ke manapun korbannya pergi.

"Tidak pernah berhenti dan selalu mengikuti ke mana pun, di saat apapun. Jadi hal terbaik buat melawannya adalah dengan kebaikan dan empati. Tidak bisa dilawan dengan kebencian tapi dengan cinta. Jadilah orang yang mencintai dan yang baik," tandas Siwon.

Lihat juga video 'Mina Eks AOA Kabarkan Kondisinya Usai Kontroversi Bully dengan Jimin:

[Gambas:Video 20detik]



(aay/nu2)