Top! BTS Satu-satunya Grup Korea yang Masuk 10 Band Pop Terbaik Sepanjang Masa

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Minggu, 31 Jan 2021 15:20 WIB
Busana BTS di sampul majalah TIME dikritik.
BTS Satu-satunya Grup Korea yang Masuk 10 Band Pop Terbaik Sepanjang Masa. (Foto: Dok. TIME)
Jakarta -

Kepopuleran BTS yang mendunia sudah tak diragukan lagi. Bahkan mereka tak hanya meraih penghargaan di dalam negeri, tetapi juga penghargaan berskala internasional.

Belum lama ini, majalah Esquire merilis daftar Band Pop Terbaik Sepanjang Masa. Daftar tersebut mencakup musik selama beberapa dekade, dimulai dari The Supremes (debut pada 1959).

Dalam menentukannya, Esquire menyebut genre pop memilih sebuah arti yang sangat luas dan subyektif. Mereka menyebut, "Secara sederhana, musik pop secara harfiah adalah... musik yang populer."

Esquire melihat dari seberapa populer lagu yang dirilis oleh band-band tersebut, tak peduli genre musik yang mereka usung. Yang penting, lagu-lagu tersebut berhasil merajai chart, baik di dalam negeri maupun internasional.

Dalam daftar tersebut ada sederet band pop besar seperti The Beatles, Destiny's Child, Queen, hingga ABBA. Selain itu juga termasuk di dalamnya Fleetwood Mac, Sly and the Family Stone, The Beach Boys, dan The Supremes.

Di antara nama-nama besar tersebut, ada BTS di dalamnya. BTS bahkan menjadi satu-satunya grup asal Korea Selatan yang masuk dalam daftar tersebut.

Dalam penjelasannya, Emma Carey menyebut BTS menjadi pioner dalam kesuksesan K-Pop secara internasional. Apalagi fanbase ARMY sudah meluas hingga ke seluruh dunia.

"Dengan fanbase yang disebut sebagai ARMY, BTS mengubah arti dari boy band, fandom, dan musik pop itu sendiri. Dengan hits Dynamite dan Life Goes On, mereka menawarkan perpaduan antara pop, hip-hop, disco, dan R&B dengan melodi menarik yang disempurnakan dengan lirik berbasis komentar berbau sosial," ungkapnya.

Selamat kepada BTS dan ARMY!

BTS belum lama ini melibas Daesang (penghargaan tertinggi) di sejumlah acara penghargaan musik Korea Selatan. Mereka juga dinominasikan dalam kategori Best Pop Duo/Group Performance di ajang Grammy Awards.

(dal/mau)