(G)I-DLE Bawa Pendengar Kembali ke 2018 Lewat Album I Burn

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Rabu, 13 Jan 2021 21:26 WIB
(G)I-DLE comeback dengan album I Burn
(G)I-DLE comeback dengan album I Burn (Foto: dok. Cube Entertainment)
Jakarta -

Comeback dengan album baru berjudul I Burn, (G)I-DLE seolah ingin mengajak para pendengarnya kembali ke tahun 2018. Lagu berjudul HWAA yang jadi andalan di album ini punya nuansa mirip dengan track LATATA dan HANN (Alone) yang dirilis kala itu.

Album I Burn jadi perilisan pertama (G)I-DLE di tahun 2021. Tahun ini grup besutan Cube Entertainment itu akan memasuki usia empat tahun. Sepanjang tahun ini mereka dikenal sebagai grup yang menampilkan konsep girl crush dengan lagu-lagu pop dengan nuansa elektronik dan hip-hop yang kental.

Lewat HANN (Alone), (G)I-DLE mulai mencuri perhatian karena masuk ke deretan chart musik di Korea Selatan seperti Gaon Digital Chart (posisi #8 jadi peringkat tertinggi mereka di chart tersebut). Lagu ini kemudian menjadi salah satu yang mencuat di tangga lagu K-Pop Hot 100 Billboard Korea yang debut di posisi 20 lalu merangkak ke posisi 10.

Lagu HANN (Alone) dilanjutkan (G)I-DLE ke track berjudul HANN (Alone in Winter) dalam album I Burn. Ditempatkan sebagai track pembuka, HANN (Alone in Winter) amat kontras dengan lagu rilisan 2018 (G)I-DLE yang lebih nge-beat. Lagu versi 2021 ini lebih mellow dengan nuansa musik yang lebih emosional. Suara piano mendominasi di lagu HANN (Alone in Winter) dengan selipan melodi lagu HANN (Alone) buat menjadikan dua lagu ini seolah berhubungan.

Image (G)I-DLE yang selalu bold dan badass juga tetap dihadirkan lewat lagu HWAA. Lagu ini diproduksi dengan nuansa moombahton yang akan membawa pendengar (G)I-DLE kembali ke era LATATA. Soyeon ikut memproduksi lagu dan lirik lagunya seperti kebanyakan track (G)I-DLE lainnya. Aransemennya dibuat Soyeon bersama Ahn Ye Eun dan BreadBeat.

(G)I-DLE comeback dengan album I Burn(G)I-DLE comeback dengan album I Burn Foto: dok. Cube Entertainment

Mendengarkan HWAA kembali menegaskan warna musik (G)I-DLE namun di saat yang sama juga ingin mengajak fans bernostalgia ke deretan lagu andalan yang sudah mereka rilis beberapa tahun terakhir. Elemen oriental dalam musik lagu ini membuat HWAA terasa makin istimewa.

Menyaksikan MV-nya pun merupakan sebuah pengalaman memanjakan mata dengan gaya busana yang terinspirasi dari warna-warni alam seperti salju, api, hingga bunga-bunga.

[Gambas:Youtube]


"Lagu ini cocok buat musim dingin, tapi tidak hanya perasaan dingin (yang ingin disampaikan). Rasanya seperti dingin tapi entah gimana juga panas? Seperti perasaan hangat menggunakan selimut di dalam ruangan di dekat ketel panas yang menyala, tapi karena jendelanya terbuka, wajahmu akan merasakan dingin," kata Soyeon mendeskripsikan lagu HWAA dalam sebuah wawancara dengan Marie Claire Korea.

Kalau kamu nggak baca lirik lagunya, kamu mungkin nggak akan menyangka kalau lagu ini menggambarkan soal patah hati.

Tracklist album I Burn (G)I-DLE:

1. HANN (Alone in Winter)

2. HWAA

3. MOON

4. Where is Love

5. LOST

6. DAHLIA

(aay/nu2)