Jin BTS soal Wajib Militer: Semua Member akan Pergi Wamil!

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Jumat, 20 Nov 2020 19:39 WIB
Jin BTS dan kakaknya jual mobil demi bisnis restorannya berjalan
Foto: Koreaboo/Instagram
Jakarta -

Kesuksesan BTS membuat publik bertanya-tanya terkait status para member untuk menjalani wajib militer. Berbagai debat di dalam pemerintahan pun terjadi soal apakah kemungkinan para member BTS menunda kewajiban tersebut bisa dilakukan.

Dalam jumpa pers yang digelar sebelum perilisan album BE, para member pun membahas hal tersebut. Terlebih Jin, yang saat ini sudah berusia 27 tahun (usia internasional).

"Sebagai seorang pria yang berasal dari Korea Selatan, sudah jelas saya akan pergi menjalaninya. Seperti yang selalu saya katakan, saya akan pergi menjalani wajib militer jika sudah ada panggilan," tegasnya.

"Kami sudah membicarakan hal ini, dan kami sepakat untuk pergi menjalani wajib militer. Semua member akan menerima undangan untuk pergi wajib militer," ujar Jin.

Penjelasan Jin bersamaan dengan munculnya kabar yang menyebut parlemen Korea Selatan telah mengeluarkan rancangan undang-undang yang memungkinkan idola pria seperti BTS untuk menunda wajib militer mereka. Peraturan wajib militer mengharuskan pria di usia 18-28 tahun untuk menjalaninya tanpa terkecuali.

[Gambas:Youtube]

Rancangan undang-undang yang disampaikan mengusulkan artis Korea yang berkontribusi besar dalam meningkatkan reputasi Korea Selatan untuk menunda wajib militer hingga berusia 30 tahun. Sejauh ini, pengecualian wajib militer hanya diberikan kepada atlet yang meraih medali dan musisi klasik.

"Member BTS bisa menunda pendaftaran wajib militer hingga usia 30 tahun jika RUU ini disetujui melalui sesi paripurna dan keputusan penegakan terkait juga direvisi," ungkap salah satu anggota parlemen.

Sementara itu, BTS baru saja merilis album bertajuk BE. Ada 8 lagu di dalam album tersebut, termasuk lagu Dynamite dan Life Goes On yang menjadi lagu utama.

Setelah merilis Dynamite, BTS langsung meraih sejumlah rekor. Salah satu prestasi yang sangat membanggakan adalah ketika BTS meraih posisi pertama di Billboard Hot 100 selama 2 pekan dan menjadi satu-satunya K-Pop yang berhasil meraih pencapaian tersebut.



Simak Video "Kata BTS soal Dianugerahi Gelar 'Music Innovators'"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/doc)