The Album Debut Posisi 2 Billboard 200, BLACKPINK Cetak Sejarah Baru

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Senin, 12 Okt 2020 11:09 WIB
Gaya Blackpink di Video Lovesick Girls
Foto: Dok. Blackpink
Jakarta -

BLACKPINK baru saja merilis album terbaru bertajuk The Album pada 2 Oktober 2020. Sepekan setelah perilisan, mereka langsung mencetak sejarah baru.

Pada 11 Oktober 2020, Billboard mengumumkan prestasi baru yang diraih oleh BLACKPINK. Album penuh pertama mereka, The Album, debut pada posisi 2 chart Billboard 200.

Chart tersebut merupakan ranking mingguan bagi album-album terpopuler di Amerika Serikat. Prestasi tersebut membuat BLACKPINK mencetak rekor baru.

BLACKPINK menjadi satu-satunya girlband K-Pop yang pernah meraih posisi kedua di chart Billboard 200, dan meraih posisi tertinggi. The Album juga menjadi album grup perempuan pertama yang memperoleh posisi tinggi setelah 2008. Kala itu Danity Kane memuncaki chart Billboard 200 dengan album Welcome to the Dollhouse.

Selain itu, The Album juga menjadi album debut grup perempuan dengan ranking tertinggi setelah 14 tahun. Kala itu album pertama Danity Kane berhasil memuncaki chart pada 2006.

Menurut Billboard, penjualan The Album setara dengan 110 ribu unit di akhir pekan pertama pada 8 Oktober 2020. Skor total album tersebut terdiri dari 81 ribu penjualan album tradisional (fisik), 2.000 unit track equivalent album (TEA), dan 26.000 unit streaming equivalent album (SEA).

TEA dan SEA merupakan cara perhitungan Billboard yang berlaku di Amerika Serikat. TEA adalah perhitungan 10 lagu yang diunduh sama dengan 1 penjualan album, sementara SEA adalah 1.500 kali streaming sama dengan 1 penjualan album.

Sebelumnya, BLACKPINK juga memecahkan rekor menjadi girlband K-Pop pertama yang berhasil menduduki posisi kedua di UK Official Chart. Ia bersaing ketat dengan Queen dan Adam Lambert yang menempati posisi pertama dengan album Live Around the World.



Simak Video "8 Lagu di 'THE ALBUM' BLACKPINK, Ada Kolaborasi Bareng Cardi B!"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/nu2)