Jennie BLACKPINK Jadi Suster di MV Lovesick Girls, YG Dikritik Pekerja Medis

Tim detikcom - detikHot
Selasa, 06 Okt 2020 06:00 WIB
gaya blackpink lovesick girls
Foto: Youtube
Jakarta -

MV BLACKPINK Lovesick Girls dirilis dan sukses mendapat 100 juta penonton di YouTube dalam waktu singkat. Sayangnya mengikuti kesuksesan tersebut, salah satu adegan dalam MV Lovesick Girls milik BLACKPINK menerima kritikan.

Kritik datang dari Korean Health and Medical Workers Union (KHMU) dan ditujukan buat manajemen YG Entertainment. Mereka menyoroti adegan dalam MV Lovesick Girls yang menampilkan Jennie berpakaian suster.

Diberitakan media lokal seperti dikutip dari berbagai sumber, KHMU menyebut adegan Jennie berpakaian suster dalam MV Lovesick Girls sebagai sebuah gambaran yang tidak pantas. Ditambahkan mereka, penampilan itu pun tidak menggambarkan seorang suster yang sesuai realita.

KHMU menggarisbawahi bagaimana para pekerja medis dan tenaga profesional yang bekerja sebagai perawat kesehatan kerap kali diobjektifikasi secara seksual.

"Meski para perawat telah berjuang untuk mengubah ini sejak lama, YG Entertainment secara seksual mengobjektifikasi para perawat di MV BLACKPINK," kata mereka.

"Situasi ini diperparah dengan image perawat yang terdistorsi berulang oleh budaya populer. Saat ini lagu BLACKPINK berada di urutan teratas berbagai chart global, kami mendesak YG Entertainment untuk mengambil tindakan bertanggung jawab sesuai dengan popularitas dan pengaruh mereka," tegas KHMU.

Dalam MV Lovesick Girls BLACKPINK, masing-masing member punya kisah cinta sendiri-sendiri. Dalam sebuah adegan terlihat Jennie tengah berada di sebuah ruangan dalam dua karakter yang berbeda.

Satu karakter menampilkan dirinya sebagai pasien dan satu lagi menampilkan dirinya sebagai seorang perawat atau suster. Dalam adegan itu ingin digambarkan bagaimana kondisi psikologis Jennie yang sedang mengalami masalah cinta.

Hingga berita ini diunggah, belum ada tanggapan dari YG Entertainment terkait penampilan Jennie dalam MV Lovesick Girls BLACKPINK tersebut. Sementara itu, lagu Lovesick Girls menunjukkan performa yang amat baik di chart musik.

Di deretan chart domestik di Korea Selatan, lagu BLACKPINK ini bersaing ketat dengan Dynamite milik BTS yang selama beberapa minggu terakhir menjuarai semua chart.

(aay/mau)