K-Talk Ep 44: Harapan SONE di 13 Tahun Debut SNSD

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Kamis, 20 Agu 2020 18:11 WIB
SNSD Rayakan Debut ke-13 Tahun
Foto: detikcom/ Istimewa SNSD rayakan debut yang ke-13
Jakarta -

SNSD baru merayakan peringatan debutnya yang ke-13. Selama berkarier, banyak perubahan dan perkembangan yang terjadi pada SNSD.

Kembali ke Agustus 2007, SNSD mencuri perhatian publik Korea Selatan setelah merilis lagu debut Into the New World. Debut mereka mendapat sambutan positif, bahkan disebut sebagai 'nation girlgroup'.

Pada 2009, kepopuleran mereka semakin bertambah setelah merilis lagu Gee. Semenjak itu, tak ada satu pun lagu SNSD yang tidak menjadi hit di Korea Selatan.

Genie, Oh!, Run Devil Run, hingga The Boys membuat SNSD semakin membuktikan kiprahnya di dunia musik K-Pop. Tak hanya di Korea, SNSD juga membangun nama besarnya sendiri di Jepang.

Namun pada 2014, SNSD harus rela kehilangan satu membernya. Jessica memutuskan hengkang dari SM Entertainment dan SNSD dengan perbedaan jadwal sebagai alasan.

Setelahnya, SNSD tetap melanjutkan karier sebagai grup dengan 8 orang member. Perubahan tersebut sama sekali tak mengubah citra yang sudah dibangun SNSD sejak lama.

Lagu-lagu mereka tetap mencuri perhatian publik. SNSD tetap menjadi salah satu girlband yang berpengaruh di Korea Selatan.

Namun pada 2017, Tiffany, Sooyoung, dan Seohyun memutuskan untuk tak memperpanjang kontrak dengan SM Entertainment untuk fokus pada kegiatan solo mereka. Ketiganya menegaskan akan tetap menjadi anggota SNSD.

Tim K-Talk pun berbincang soal 13 tahun karier SNSD di dunia hiburan K-Pop dengan salah satu fans-nya, Gilang. Ia sudah lama menjadi SONE, bahkan bertanggung jawab untuk memegang fanbase SNSD di Indonesia.

Tim tak hanya bicara soal karier SNSD sejak awal, tapi juga harapan yang diinginkan oleh SONE untuk SNSD ke depannya. Apalagi kini para member tengah disibukkan dengan kegiatan solo mereka.

Seperti apa obrolannya? Yuk simak K-Talk episode 44!

[Gambas:Video 20detik]



(dal/tia)