Lebih Suka Atlantis Princess Versi BoA, Taeyeon, atau BOL4?

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Jumat, 07 Agu 2020 19:34 WIB
BoA Atlantis Princess
Foto: Album art BoA Atlantis Princess (dok. SM Entertainment)
Jakarta -

Untuk merayakan ulang tahun ke-20 debut BoA yang jatuh pada Agustus 2020, SM Entertainment merilis deretan lagu lama BoA yang dinyanyikan oleh penyanyi zaman sekarang. Lagu-lagu untuk proyek Our Beloved BoA ini dirilis lewat platform SM Station.

Sebelumnya sudah ada Garden In The Air yang dibawakan ulang oleh Baekhyun EXO. Lagu ini adalah b-side track dari album Girls On Top yang dirilis BoA pada tahun 2005. Di comeback-nya kala itu, BoA mempromosikan lagu MOTO sebagai track utama dan juga Girls On Top.

Pada Jumat (7/8/2020) lagu kedua dari proyek Our Beloved BoA akhirnya dirilis. Lagu tersebut adalah Atlantis Princess yang dinyanyikan ulang oleh BOL4 atau Bolbbalgan4. BOL4 adalah grup duo yang debut di tahun 2016 dan mengawali karier mereka di ranah indie sebelum akhirnya menjadi grup populer. Kini BOL4 hanya beranggotakan satu orang saja yaitu Ahn Ji Young.

Buat mereka yang sudah mendengarkan lagu-lagu BOL4 sebelumnya pasti sangat kenal dengan suara manis Ahn Ji Young. Karakter dari suara khas tersebut amat terasa di Atlantis Princess versi BOL4 ini. Aransemen lagunya tidak terlalu banyak berubah dari versi aslinya. Versi BOL4 terdengar lebih elektronik.

[Gambas:Youtube]


Atlantis Princess adalah lagu andalan di album berjudul sama yang dirilis BoA di tahun 2003. Album Atlantis Princess merupakan album ketiga dari solois SM Entertainment tersebut. Atlantis Princess dirilis usai sukses NO.1 di Korea dan juga setelah deretan album Jepang yang dirilis BoA bersama Avex, label partner SM di Jepang.

Ada cerita di balik promosi lagu Atlantis Princess BoA kala itu. Di tengah-tengah masa promosi, manajer BoA mengalami kecelakaan dan meninggal dunia. Karena terpukul dan masih berkabung, dia pun memilih untuk menyetop kegiatan promosinya kala itu. Manajer yang meninggal tersebut sangat dekat dengan BoA dan sudah bersama mereka sejak awal karier.

Atlantis Princess versi BoA dibawakan dengan nuansa yang lebih pop dan ceria. Suara BoA berpadu dengan musik pop khas 2000-an dan tentu saja semakin lengkap dengan koreografi enerjik seperti halnya lagu-lagunya yang terdahulu.

[Gambas:Youtube]

Popularitas lagu ini membuatnya banyak dibawakan ulang oleh para penyanyi K-Pop. Taeyeon SNSD pernah menyanyikan Atlantis Princess dalam versinya di sebuah konser beberapa tahun lalu. Versi ini pun terbilang cukup berbeda dari versi BoA karena "rasa Taeyeon" saat membawakan lagu ini sangat dominan.

[Gambas:Youtube]


Di acara King Of Masked Singer, Bomi Apink juga pernah meng-cover lagu BoA Atlantis Princess dengan suaranya yang menenangkan dari balik topeng silver. Penampilan Bomi yang identitasnya belum diketahui oleh para panelis mengundang decak kagum kala itu. Seperti halnya penampil lain di King Of Masked Singer, lagu ini dibawakan dalam versi live band.

[Gambas:Youtube]


Member Lovelyz Kei pun pernah menampilkan lagu tersebut di sebuah acara JTBC. Kei berdandan mirip BoA di awal-awal kariernya dulu ketika mempromosikan lagu Atlantis Princess. Lengkap dengan goggle di kepala.

[Gambas:Youtube]


Eunha GFRIEND pun pernah menjajal lagu Atlantis Princess secara live di acara M! Countdown. Berkolaborasi dengan sederet musisi, Eunha menyanyikan lagu ini dalam tema under the sea dan nuansa akustik perkusi.

[Gambas:Youtube]


Versi asli yang dinyanyikan BoA dan versi cover dari idola K-Pop kekinian memberikan rasa yang berbeda buat lagu Atlantis Princess.

Setelah mendengarkan semua versi Atlantis Princess di atas, mana yang paling kamu suka, detikers?

(ron/ass)