detikHot

kpop

K-Talk Spesial Throwback: EXO dari Masa ke Masa

Kamis, 23 Jul 2020 19:00 WIB Delia Arnindita Larasati - detikHot
EXO Foto: K-Talk Spesial Throwback
Jakarta -

Tahun 2012 menjadi salah satu tahun terbaik di dunia K-Pop. Banyak grup yang melakukan debut kala itu, salah satunya EXO.

Nama EXO sudah menarik banyak perhatian bahkan sebelum mereka resmi debut. EXO dinilai sebagai boy group dengan konsep debut paling unik.

Kedua belas member memiliki ciri khas masing-masing, berupa kekuatan super dengan lambang masing-masing. Tentu saja kekuatan tersebut hanya fiktif, namun konsep itu menjadikan EXO sebagai boy group yang selalu dinanti perkembangannya.

Di awal karier mereka, EXO terbagi menjadi dua sub-unit, yaitu EXO-K dan EXO-M. EXO-K beranggotakan Suho, Baekhyun, Chanyeol. D.O, Kai, dan Sehun, memusatkan promosi mereka di Korea.

Sementara Xiumin, Chen, Lay, Luhan, Tao, dan Kris berdiri sebagai EXO-M. Mereka memusatkan promosi di China.

[Gambas:Video 20detik]

Album pertama mereka, XOXO, mendapatkan sambutan positif dari fans. Lagu-lagu yang mereka rilis selalu merajai chart di tangga lagu major Korea Selatan.

Namun karena satu dan dua alasan, tiga member EXO-M, Luhan, Tao, dan Kris memutuskan hengkang dari EXO. Sehingga EXO pun kembali dipersatukan, dan melakukan promosi sebagai grup dengan sembilan orang member.

Hal tersebut nyatanya sama sekali tak mengubah posisi EXO sebagai salah satu grup yang paling disegani di K-Pop. Perubahan personel yang terjadi juga tak menghalangi EXO mendapatkan berbagai macam penghargaan di bidang musik.

Di segmen terbaru K-Talk, tim pun tertarik untuk mengangkat karier EXO dari masa ke masa sebagai topik pembahasan. Tim kembali ke 2012, pada hari di mana EXO merilis lagu debutnya, Mama.

Selain itu K-Talk kali ini juga membahas momen-momen spesial EXO yang tak bisa dilupakan oleh fans. Termasuk di dalamnya mengingat kembali titik tersukses EXO lewat lagu Growl.

Seperti apa? Yuk throwback EXO bareng K-Talk lewat episode spesial hari ini!


(dal/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com